Yamaha

Tip Aman Pilih Penginapan Saat Covid-19

  Selasa, 28 Juli 2020   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi/Republika

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pandemi Covid-19 memaksa sebagian negara tak bisa berlama-lama melakukan lockdown. Beberapa negara mulai menerapkan kebijakan kenormalan baru (new normal) dengan membuka sektor pariwisata. Apa lagi tujuannya kalau bukan untuk memancing kembali pertumbuhan ekonomi.

Indonesia termasuk salah satu negara yang menerapkan kebijakan kenormalan baru. Media online asal Amerika Serikat (AS), thrillist, melansir tip aman dalam memilih penginapan di luar kota atau bahkan di luar negeri yang bisa kalian jadikan referensi.

AYO BACA : KISAH ANAK PANCONG: Rahasia Indomie Ibu Sami

1. Cari penginapan dengan sistem Enhanced Clean

Sistem ini merupakan protokol kesehatan global, di mana sang pemilik harus membersihkan dan menyemprot seluruh ruangan dengan disinfektan. Perlu kalian ketahui, hal ini sudah menjadi standardisasi dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di AS, loh. Proses  sterilisasi itu dilakukan baik setelah menerima tamu maupun sebelum menerima tamu. Pastikan juga, kalian mencari informasi terlebih dahulu mengenai penginapan mana saja yang sudah siap dengan protokol kesehatan kenormalan baru.

2. Cek informasi daerah tujuan

AYO BACA : Daftar Perkantoran di Jakarta Yang Jadi Klaster Covid-19

Sebelum bepergian, hendaknya kalian cari tahu informasi daerah atau kota yang dituju. Kalian dapat melihat berapa kasus Covid-19 di wilayah tersebut atau bagaimana penanganan dan kebijakan pemerintah setempat. Ini penting loh, ­mengingat efek pandemi antarwilayah berbeda. Selain itu, supaya kalian saja bisa aware untuk melindungi diri.

3. Menganggap penginapan sebagai rumah pribadi

Selain dua tip di atas, ada lagi loh yang bisa kalian lakukan untuk melindungi diri dari Covid-19 ketika menginap di hotel, hostel, atau guest house. Anggap saja  penginapan itu rumah kalian sendiri. Dengan begitu, kalian diharuskan menjaga ruangan atau permukaan barang agar tetap bersih. Selain itu, kalian tetap menjaga jarak antarorang dalam ruangan.

Seperti tiga tip thrillist di atas, CDC juga menyarankan untuk selalu membersihkan permukaan barang yang sering disentuh. Bisa jadi berupa gagang pintu, remote control, dan barang lain yang sering kalian pegang. Nah, ­semoga tip-tip tersebut bisa membuat kalian nyaman untuk berlibur tanpa takut tertular Covid-19. Selamat berlibur ya.

AYO BACA : Lurah Serdang Kemayoran dan Anggota PPSU Positif Covid-19, Kantor Tutup Sementara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar