Yamaha

Ingin Terlihat Awet Muda? Coba 11 Makanan Ini

  Rabu, 29 Juli 2020   Budi Cahyono
Delima, salah satu makanan yang mampu membuat Anda terlihat awet muda. (Getty Images/Adrian Mueller)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Penuaan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Namun, jika mengonsumsi makanan yang benar, makanan itu dapat membantu Anda menua dengan baik. Melansir Healthline, Rabu (29/7/2020), ada 11 makanan yang mampu meningkatkan fungsi kulit dan membantu Anda terlihat lebih muda seiring bertambahnya usia.

1. Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Minyak zaitun ekstra virgin adalah salah satu lemak paling sehat di dunia. Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Minyak ini dapat melindungi elastisitas kulit dan mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak zaitun juga mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah sindrom metabolik dan mungkin efektif dalam memerangi kanker.

2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi kolagen kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Teh hijau juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan. Antioksidan dalam teh hijau yang disebut polifenol, dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan, dan penyakit jantung.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak dapat memberikan perlindungan dari kerusakan kulit yang terjadi sebagai respons terhadap peradangan dan paparan sinar matahari. Salmon, salah satu jenis ikan berlemak paling populer, memiliki komponen tambahan yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Astaxanthin dalam salmon pun dapat meningkatkan elastisitas dan menghidrasi kulit.

4. Cokelat Murni / Kakao

Cokelat murni mengandung antioksidan yang disebut flavanol. Kandungan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini juga dapat meningkatkan hidrasi, ketebalan, dan kehalusan kulit.

AYO BACA : Kenali Aneurisma Otak, Gampang Menjangkit Perempuan Perokok

Ingat, semakin tinggi kandungan kakao, semakin tinggi kandungan flavanol. Jadi pastikan untuk memilih cokelat murni dengan setidaknya 70% kandungan kakao.

5. Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan rendah kalori. Beta karoten dalam sayuran juga dapat melindungi kulit terhadap radiasi matahari dan radikal bebas. Beberapa sumber beta karoten terbaik adalah wortel, labu dan ubi jalar.

Banyak sayuran juga kaya vitamin C yang penting untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan yang kuat. Sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi termasuk sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

6. Flaxseed / Biji Rami

Biji rami dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan kehalusan kulit. Biji rami juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kandungan lignan di dalamnya dapat menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, serta mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

7. Delima

Buah delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Aktivitas antioksidan dalam buah delima bahkan lebih tinggi daripada teh hijau. Delima juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen.

8. Alpukat

AYO BACA : Ini 5 Tipe Diet Vegetarian

Alpukat kaya akan lemak jantung sehat, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut polyhydroxylated fatty alcohols. Kandungan ini dapat melawan peradangan, melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

9. Tomat

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dapat dikaitkan dengan kandungan likopen yang tinggi. Kandungan itu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mengurangi keriput.

Likopen dalam tomat juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat  Memasak tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, secara signifikan meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh.

10. Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah rasa pada makanan. Berbagai rempah-rempah mengandung berbagai senyawa yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan.

Kayu manis mampu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ini meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Selain itu, kandungan capsaicin yang ditemukan dalam cabai dapat mengurangi beberapa perubahan terkait usia yang terjadi pada sel-sel kulit.

Selanjutnya, ada jahe yang mengandung gingerol. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari.

11. Kaldu Tulang

Kaldu tulang dibuat dengan memasak tulang dari daging, unggas atau ikan untuk jangka waktu yang lama. Kaldu tulang memiliki kandungan kolagen yang tinggi sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Ketika dimasak, kolagen terurai menjadi gelatin yang kaya akan asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin. Tubuh lalu dapat menyerap asam amino ini dan menggunakannya untuk membentuk kolagen baru di kulit. Konsumsi kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit, kelembaban dan kekencangan, sekaligus mengurangi keriput. (Ventriana Berlyanti)

AYO BACA : Ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar