Yamaha

Hilangkan Bau dan Alot Daging Kambing dengan Nanas

  Rabu, 29 Juli 2020   Budi Cahyono
Nanas digunakan untuk mengempukan dan menghilangkan bau prengus daging kambing. (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Daging kambing memang berbeda dari daging jenis lain. Jika mencuci dan memasaknya tidak dengan teknik yang benar, daging akan mengeluarkan bau prengus dan terasa alot.

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Cara-cara seperti merendam di dalam larutan jeruk nipis, membungkus dengan daun pepaya atau menaburkan garam mungkin sudah sering dituliskan dimana-mana. Akan tetapi, jika cara tersebut masih belum berhasil juga, Anda bisa menggunakan nanas.

Penggunaan nanas saat memasak daging sudah tidak asing lagi. Nanas dikenal akan kandungan enzim bromelainnya. Bromelain diketahui efektif untuk memisahkan protein seperti kolagen yang ada di dalam daging. Efeknya adalah membuat daging menjadi empuk.

Selain membuat daging lebih empuk, rupanya nanas juga bisa membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Syaratnya adalah Anda harus membeli nanas yang masih segar dan mengolahnya sendiri. Sebab jus nanas buatan pabrik biasanya sudah melewati proses pasteurisasi sehingga enzim di dalamnya terbunuh.

Berikut cara yang perlu Anda lakukan.

AYO BACA : Tips Olahan Daging Panggang agar Tetap Sehat

1.Potong bagian atas dan bawah nanas lalu bersihkan nanas. Nanas yang paling baik digunakan adalah nanas yang masih muda, yang daging buahnya masih berwarna putih. Namun jika tidak ada, Anda juga bisa menggunakan nanas yang sudah berwarna kuning.

2.Kupas nanas lalu cuci bersih.

3.Parut nanas dan lumurkan pada daging kambing sampai menutupi seluruh permukaan daging. Diamkan selama 30-60 menit.

Ada pula yang melakukannya dengan membuat nanas menjadi jus. Kemudian rendam daging kambing dalam jus tersebut.

4.Ingat untuk tidak merendam daging dalam nanas terlalu lama sebab nanas memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.

Selamat mencoba langkah-langkah di atas. (Putri Shaina)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar