Yamaha

Ini Protokol Kesehatan Saat Pemotongan Hewan Kurban di Jakarta

  Rabu, 29 Juli 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi pemotongan hewan kurban/ dok.Kementan

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengimbau masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan saat pemotongan hewan kurban. Hal ini untuk meminimalisir potensi penularan virus Covid-19.

"Selama ini pelaksanaan kurban hanya mempertimbangkan syariat islam, namun tahun ini kami akan melaksanakannya berdasarkan protokol kesehatan dan ini harus dipatuhi oleh semuanya, baik panitia penyelenggara, orang yang berkurban, maupun para mustahik (orang yang berhak menerima kurban)," kata Darjamuni dalam keterangan resminya, Rabu (29/7/2020).

AYO BACA : Aturan Penyembelihan Kurban di Kota Bekasi

Darjamuni menjelaskan, saat pemotongan kurban sebaiknya hanya dihadiri oleh panitia yang jumlahnya pun dibatasi. Masyarakat diminta untuk tidak datang apalagi berkerumun di lokasi pemotongan.

"Hindari kerumunan, baik oleh panitia penyelenggara, orang yang berkurban, maupun para mustahik. Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban," ujarnya.

AYO BACA : Panduan Protokol Kesehatan Pelaksanaan Hari Raya Iduladha Kota bogor

Selain itu, bagi panitia kurban, harus dalam kondisi sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memakai masker. Kemudian area pemotongan kurban secara rutin disemprot disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan.

Selanjutnya, pada saat mendistribusikan daging hewan kurban juga tidak dibolehkan adanya antrean. Panitia akan bekerja sama dengan RT/RW untuk mengantarkan daging kurban ke rumah para mustahik.

"Dengan upaya-upaya tersebut, kami berharap Iduladha tahun ini tetap berjalan dengan baik dan berkahnya tidak berkurang. Meski di tengah pandemi yang semuanya serba dibatasi, namun semangat masyarakat untuk berbagi dengan cara berkurban, kami harap tidak terbatas," imbuhnya.

AYO BACA : Panitia Kurban di Jakpus Dapat Bimbingan Teknis Terkait Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar