Yamaha

Petuah MUI, Wilayah Zona Merah di Jakarta Disarankan Tidak Gelar Salat Iduladha Berjamaah

  Rabu, 29 Juli 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi salat dengan protokol kesehatan/ Suara.com

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah akan jatuh pada 31 Juli 2020. Di tengah pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan hari raya harus mematuhi protokol kesehatan, termasuk saat menggelar salat Iduladha.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Munahar Muchtar menyarankan agar wilayah di Ibu Kota dengan kasus Covid-19 tinggi atau masuk zona merah, sebaiknya tidak melaksanakan salat Iduladha berjamaah. Hal ini menurutnya untuk mengantisipasi kerumunan yang memicu penularan virus.

"Dalam kondisi semacam ini, untuk zona merah di Jakarta sebaiknya tidak melaksanakan solat Iduladha di tempat keramaian (berjamaah). Ini untuk menjaga, kita mengutamakan maslahat daripada mudharat," kata Munahar, Rabu (29/7/2020).

AYO BACA : Tetap Patuh, Langgar Protokol Kesehatan di Kota Bogor Didenda Rp500 Ribu

Sementara itu, untuk wilayah di luar zona merah boleh melaksanakan salat Iduladha dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Misalnya, kata dia, menjaga jarak aman saat salat, memakai masker, dan wudhu dari rumah.

"Bisa melaksanakan salat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Misalnya dengan jaga jarak saat salat, kemudian wudhu dari rumah, dan memakai masker. Kemudian karpet masjid ditiadakan," ujarnya.

Munahar juga meminta kepada tokoh masyarakat dan ulama untuk mengedukasi masyarakat tentang pelaksanaan ibadah di hari raya Iduladha nanti. Dia berpendapat, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan maka dapat mengurangi potensi penularan virus.

"Saya berharap para tokoh atau ulama bisa menjelaskan kepada masyarakat awam untuk dapat melaksanakan ibadah dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini," imbuhnya.

AYO BACA : Warga Jakarta, Polisi Bilang Jangan Takbir Keliling

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar