Yamaha

Membuat Kornet Daging Tanpa Bau, Intip Resepnya

  Kamis, 30 Juli 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Salah satu olahan kornet dari daging sapi. (Cookpad/Najah's Kitchen)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Hari Raya Iduladha akan jatuh besok, Jumat (31/7/2020). Setelah penyembelihan, diharapkan datangnya banyak daging yang siap diolah dan dimasak.

Apabila menyukai kornet, daging kurban sapi yang akan Anda dapatkan bisa diolah menjadi kornet, loh! Berikut resep membuat kornet dari daging kurban.

1. Jangan langsung mencuci daging, balurkan rempah-rempah dulu.

Saat menerima daging pertama kali, jangan langsung dicuci. Untuk menghilangkan bau dan juga melemaskan daging, Anda harus mulai memproses daging di saat menerimanya.

Pertama, tusuk-tusuk daging dengan penusuk daging. Pisahkan daging yang akan masak menjadi kornet. Apabila daging agak tebal, Anda harus menusuk lebih lama hingga daging menjadi benar-benar lemas.

Setelah itu, haluskan satu sendok makan sendawa dan satu sendok teh angkak untuk 1 kg daging. Balurkan hasil campuran rempah-rempah di semua permukaan daging sapi. Tinggalkan satu malam dalam kulkas.

2. Cuci sampai bersih keesokan harinya.

Daging boleh didiamkan di dalam suhu ruangan, namun suhu kulkas jauh lebih efektif. Selain itu, jangan menaruh daging di dalam freezer, ya.

Tepat 24 jam setelah mendiamkan daging, cuci bersih daging. Harus sampai bersih sekali. Apabila ada sisa sendawa, daging sapi akan terasa pahit saat dimasak.

Setelah tahap ini, warna daging akan berubah jadi merah muda pucat.

3. Siapkan rempah-rempah untuk merebus daging.

Kunci dari daging kornet adalah kelembutan yang membuat daging mudah dipotong. Untuk ini, daging harus direbus.

Sebelum direbus, tumis bawang bombay dan bawang putih di panci yang akan digunakan untuk merebus. Tumis satu siung bawang bombay kecil dan lima siung bawang putih untuk 1 kg daging.

4. Tumis daging.

Setelah menumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan daging. Jangan memasukkan daging berukuran besar, potonglah dalam ukuran-ukuran sedang.

Masukkan keempat bumbu selanjutnya: garam, gula, merica, dan pala. Tambahkan merica dan pala lebih banyak dari garam dan gula.

Atur api kecil.

5. Tuangkan air dan susu.

Tunggu hingga daging mengeluarkan airnya tersendiri, baru tambahkan air secukupnya.

Pada tahap ini, daging akan berubah warna kemerahan.

Setelah air menyusut, tambahkan susu cair putih secukupnya.

6. Atur tingkat kematangan sesuai selera.

Semakin lama direbus, semakin empuk kornet. Tergantung dari selera Anda, apabila Anda senang kornet yang bisa dipotong, uji tingkat keempukan dengan alat tusuk.

Apabila anda senang kornet yang lembut, rebuslah lebih lama lagi hingga daging bisa terdispersi hanya dengan sendok atau garpu.

Kornet daging sapi tanpa bau pun sudah siap! (Farah Tifa Aghnia)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar