Yamaha

Masjid Agung Al-Azhar Jaksel Tak Beri Kupon Pembagian Daging

  Kamis, 30 Juli 2020   Fitria Rahmawati
Suasana Masjid Agung Al-Azhar, Kecamatan Kebayoran Baru pada Kamis (30/7/2020), menjelang pelaksanaan sholat Idul Adha. Foto: Shabrina Zakaria

SELONG, AOYJAKARTA.COM - Sekretaris Panitia Idul Adha Masjid Agung Al-Azhar, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Muhammad Akbar Satrio menyampaikan, pihaknya tak lagi memberikan nomor antrean kepada warga yang akan mengambil daging kurban. Para masyarakat yang berhak menerima daging kurban akan dibagikan melalui pos yang tersedia di beberapa titik.

Akbar menjelaskan, daging didistribusikan ke sejumlah pos yang terletak di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hal ini dimaksudkan agar tak terjadi kerumunan saat pendistribusian daging.

Akbar melanjutkan, penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al-Azhar hanya boleh disaksikan oleh panitia Iduladha, penyembelih, dan pemilik hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan selama satu hari di lapangan basket dan futsal masjid.

Prosesi penyembelihan hewan kurban mengikuti protokol kesehatan. Hal itu sesuai dengan sosialisasi penyembelihan yang dilaksanakan bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI).

AYO BACA : Ini Protokol Kesehatan Saat Pemotongan Hewan Kurban di Jakarta

"Di dalam kandang yang menyaksikan tiga sampai lima orang dalam satu kali penyembelihan. Jarak orang yang mencincang daging dan tulang nanti sekitar satu meter," ujar Akbar Kamis (30/7/2020).

Akbar menegaskan, protokol kesehatan di lokasi penyembelihan selain 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak akan dipatuhi pihaknya.

Menurutnya, penyembelihan difokuskan selesai satu hari usai pelaksanaan sholat Iduladha. 

“Kita mulai sekitar 08.00 atau 08.30, bada Ashar insya Allah sudah selesai,” kata dia.

Untuk penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1441 H, menurut dia, Masjid Agung Al-Azhar menerima 50 ekor kambing dan enam ekor sapi. Namun, jumlah tersebut masih bisa berkembang lagi hingga penutupan penerimaan hewan qurban. 
“Tutup penerimaan sampai Isya malam ini, baru kami bisa kalkulasi,” tutupnya.

AYO BACA : Kemenag Terbitkan Protokol Penyembelihan Hewan Kurban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar