Yamaha

Polisi Tangkap Pelaku Spesialis Tebar Paku di Kemang

  Jumat, 31 Juli 2020   Budi Cahyono
Pelaku pencurian modus tebar paku untuk kempiskan ban mobil di Kemang. Foto: Shabrina Zakaria

MAMPANG PRAPATAN, AYOJAKARTA.COM – Pelaku kriminal spesialis modus ban bocor berhasil ditangkap polisi. Dua tersangka berinisial R (29 tahun) dan IA (26) ditangkap Polsek Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ketika sedang beraksi di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan pada Rabu (29/7/2020).

Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol Sujarwo mengatakan, aksi pelaku diawali dengan  korban berinisial HG sedang mengendarai mobil Kijang Innova menuju Jalan Kemang. Di saat yang bersamaan, mobil HG ternyata dibuntuti oleh kedua tersangka.

“Salah satu pengemudi menyiapkan paku yang diletakkan di kaki, kemudian dimasukkan ke dalam ban,” ujar Sujarwo kepada wartawan di Mapolsek Mampang, Kamis (30/7/2020).

Paku tersebut, menurut Sujarwo, mengakibatkan ban mobil korban kempis atau bocor. Ketika korban berhenti di pinggir jalan dan turun dari mobil untuk mengambil dongkrak, saat itu tersangka langsung melakukan aksinya. “Salah satu pelaku masuk (mobil) dan mengambil laptop korban,” kata Sujarwo.

Paku yang digunakan oleh tersangka merupakan hasil modifikasi yang dapat mengempiskan ban dengan mudah. Sujarwo menjelaskan, pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terkait berapa kali tersangka melakukan pencurian dengan modus yang sama.

Menurut dia, tersangka dibekuk bersamaan dengan barang bukti berupa satu unit laptop merk Lenovo, satu unit motor merk Suzuki, dan satu buah paku modifikasi. Dari kejadian itu, Sujarwo mengimbau kepada warga untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam mobil.

“Kemudian, jika mobil kempis sebaiknya berhenti di tempat yang aman dan jangan keluar dari mobil,” ujar Sujarwo. Akibat perbuatannya, R dan IA dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar