Yamaha

10 PTN Terbaik Indonesia, Check!

  Sabtu, 01 Agustus 2020   Fitria Rahmawati
PTN terbaik di Indonesia versi Webometrics (webomatrics.info)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Banyak alternatif pilihan melanjutkan pendidikan ke janjang universitas pasca kelulusan sekolah menengah atas. Berbagai program studi banyak ditawarkan di berbagai universitas negeri sesuai pilihan.

Untuk menambah refenensi kemantapan studi lanjutanmu, yuk simak 10 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia versi Webomatrics.

Webomatrics memiliki aspek penilaian sheingga universitas bisa dianggap sebagai yang terbaik menurut versinya. Webomatrics dalam menentukan peringkat ini melihat dari beberapa aspek yang dinilai. Terdapat empat aspek yaitu presence, impact, openness dan excellence.

Melansir dari Webomatrics, belum lama ini Webomatrics meluncurkan daftar Rangking of World Universities, yaitu daftar peringkat universitas terbaik di dunia 2020. Pemeringkatan ini diperbarui setiap bulan Januari dan Juli.

Berikut 10 Perguruan Tinggi Negri terbaik di Indonesia versi Webomatrics:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia adalah salah satu Universitas yang cukup terkenal di Indonesia, tereletak di bagian utara dari Depok Jawa Barat tepat diperbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan dan kampus utama lainnya terletak di daerah Salemba Jakarta Pusat. Universitas ini secara resmi memulai kegiatannya pada tahun 1950.

Menduduki peringkat nomor 1 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 158
- Aspek impact: peringkat 465
- Aspek openness: peringkat 774
- Aspek excellence: peringkat 1286

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Salah satu sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda, ITB akhirnya diresmikan pada tahun 1959. Terletak di Kota Bandung dan remi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) pada tahun 2013.

Menduduki peringkat nomor 2 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 544
- Aspek impact: peringkat 875
- Aspek openness: peringkat 921
- Aspek excellence: peringkat 1416

3. Universitas Brawijaya (Unibraw)

Universitas Brawijaya (Unibraw) salah satu perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1963 dan terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Soekarno dengan harapan mampu gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit.

Menduduki peringkat nomor 3 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 171
- Aspek impact: peringkat 767
- Aspek openness: peringkat 999
- Aspek excellence: peringkat 2468

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang terletak di Surabaya. Berawal didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik pada tahun 1957 Dies Natalis ITS pertama adalah 10 November tahun 1960 sedangkan nama ITS baru mulai digunakan pada tahun 1961.

Menduduki peringkat nomor 4 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 773
- Aspek impact: peringkat 1244
- Aspek openness: peringkat 1230
- Aspek excellence: peringkat 1840

AYO BACA : Kunjungi Sekolah di Bogor, Menteri Nadiem Rencanakan Kurikulum Darurat

5. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Yogyakarta ini didirikan pada tahun 1949. UGM sebagai universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Repiblik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Menduduki peringkat nomor 5 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 10
- Aspek impact: peringkat 658
- Aspek openness: peringkat 5821
- Aspek excellence: peringkat 1547

6. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini didirikan pada tanggal 10 november 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9.

Menduduki peringkat nomor 6 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 252
- Aspek impact: peringkat 1174
- Aspek openness: peringkat 1140
- Aspek excellence: peringkat 2988

7. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara. Perguruan Tinggi ini didirikan pada tahun 1952 dengan Yayasan Universitet Sumatera Utara dengan Fakultas pertamanya yaitu Fakultas Kedokteran. Kemudian diresmikan menjadi UNSU pada tahun 1957 oleh Presiden Soekarno.

Menduduki peringkat nomor 7 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 362
- Aspek impact: peringkat 3372
- Aspek openness: peringkat 1386
- Aspek excellence: peringkat 1740

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan mendapatkan status sebagai PTN pada tahun 1961.

Menduduki peringkat nomor 8 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 391
- Aspek impact: peringkat 642
- Aspek openness: peringkat 5821
- Aspek excellence: peringkat 2082

9. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Universitas Sebelas Maret yaitu sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Didirikan pada tanggal 11 Maret tahun 1976.

Menduduki peringkat nomor 9 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 266
- Aspek impact: peringkat 473
- Aspek openness: peringkat 5821
- Aspek excellence: peringkat 2769

10. Universitas Jember

Universitas Jember sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Jember, Jawa Timur. Pada awalnya Universitas ini didirikan tahun 1964 dengan nama Universitas Negeri Djember yang disingkat (UNED), dengan rektor pertamanya memperbaiki susunan kata dari ejaan lama ke ejaan yang disempurnakan (EYD) maka menjadi Universitas Jember (UNEJ).

Menduduki peringkat nomor 10 sebagai Universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan nilai dari Webomatrics sebagai berikut:
- Aspek presence: peringkat 660
- Aspek impact: peringkat 1205
- Aspek openness: peringkat 1548
- Aspek excellence: peringkat 3889

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar