Yamaha

Sebuah Pemanas Air Surya untuk Efisiensi Selamanya

  Senin, 03 Agustus 2020   A. Dadan Muhanda
Kairos thermo direct Ariston pemanas air ramah lingkungan yang bergaransi 10 tahun (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Apa fungsi dari sinar matahari untuk mahluk hidup? Tentu banyak sekali seperti untuk mendapatkan energi, sebagai sumber penerangan, kebutuhan fotosintesis bagi tumbuhan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun apa fungsi sinar matahari bagi manusia?

Banyak sekali rutinitas manusia yang sangat tergantung pada matahari sebagai sumber tenaga dan penerangan. Aktivitas manusia seperti menjemur pakaian, berolahraga, dan bercocok tanam juga bergantung pada tenaga surya. Namun aktivitas manusia seperti mandi juga ternyata perlu ditopang oleh keberadaan matahari. Mandi berkualitas yang didukung dengan adanya air hangat dapat terealisasi dengan adanya pemanas air surya dan cahaya matahari.

Pemanas air surya, sesuai namanya, merupakan perangkat pemanas air yang bergantung pada tenaga matahari sebagai sumber energinya. Di Indonesia sendiri, pemanas air bertenaga surya sudah banyak digunakan mulai dari rumah tangga hingga bangunan komersil. Memang, perangkat pemanas air ini dapat dibilang lebih mahal dari jenis yang lainnya, namun setelah menggunakannya Anda dapat menghemat energi selama bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun lamanya. 

Jangan terburu-buru untuk membelinya, Anda perlu tahu kelebihan dari pemanas air bertenaga surya untuk memastikan bahwa jenis pemanas air ini adalah yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Pemanas Air “Gratis” Serta Ramah Lingkungan

Kelebihan dari pemanas air bertenaga surya yang paling utama tentu karena tingkat efisiensinya. Karena menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energinya, pemanas air ini tidak membutuhkan lagi tenaga listrik untuk memanaskan air. 

Sebagai sumber daya yang tak dapat habis, akan sangat merugikan jika kita tidak dapat memanfaatkan tenaga matahari semaksimal mungkin. Semaksimal mungkin di sini tak berarti mengekploitasi, karena seberapa banyak pun kita memanfaatkan tenaga matahari, cahayanya tak akan habis maupun berkurang. Bayangkan saja, setelah digunakan oleh milyaran orang penduduk bumi, matahari masih bersinar terang dan bahkan semakin panas hingga saat ini bukan?

Lalu kelebihan yang berikutnya adalah dari segi daya tampung. Dengan perawakannya yang cenderung lebih besar dari pemanas air jenis lainnya, pemanas air bertenaga surya memiliki daya tampung air yang lebih besar pula. Rata-rata daya tampung dari pemanas air jenis ini dapat mencapai angka 100 liter ke atas. 

Dengan kapasitas yang sedemikian besar, maka kebutuhan air hangat untuk seluruh anggota keluarga telah terpenuhi. Namun perlu diingat, segala kebutuhan tersebut tentu harus terukur karena bersifat relatif pada kondisi dan waktu tertentu. Memiliki kapasitas yang lebih besar dari jenis pemanas air yang lainnya tidak berarti bahwa air yang tertampung dalam tangki tak dapat habis.

Kualitas dari pemanas air bertenaga surya yang lain adalah keramahan dari kinerja alat ini terhadap lingkungan. Karena menggunakan tenaga matahari hari sebagai sumber energi, maka itu juga berarti bahwa alat ini tidak melibatkan elemen-elemen kimia yang dapat merusak lingkungan. 

Karena kinerja alat ini hanya mengumpulkan cahaya matahari yang masuk untuk dikonversi menjadi air hangat, maka dalam prosesnya tidak menimbulkan zat-zat yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, karena alat ini menggunakan tenaga matahari dan bukan energi listrik, maka resiko korsleting listrik juga dapat dihindari. Ini juga berarti pemanas air tenaga surya memiliki tingkat keamanan yang tidak kalah baik dengan jenis lainnya, atau bahkan lebih baik.

Daya tahan dari pemanas air tenaga surya pun terbilang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perusahaan ternama yang memproduksi pemanas air sekelas Ariston yang berani memberi garansi hingga 10 tahun untuk produk pemanas airnya. 

Tentunya, garansi selama itu tak mungkin diberikan produsen jika produknya tak sungguh-sungguh baik. Bahkan dalam kurun waktu selama itu pun, bukan tidak mungkin jika alat pemanas air tidak memiliki kendala sama sekali. Yang terpenting adalah, kita mengetahui bagaimana cara merawat pemanas air jenis ini dan seberapa sering servis secara rutin perlu dilakukan.

Lokasi dan Posisi Pemasangan Sangat Menentukan

Selain terdapat banyak sekali kelebihan dari penggunaan pemanas air bertenaga surya, terdapat pula beberapa hal yang harus menjadi perhatian dari konsumen. Yang pertama adalah dari segi ukuran. Karena memiliki ukuran yang lebih besar maka kita harus menyediakan tempat lebih besar dibanding pemanas air jenis yang lain. 

Tak hanya itu, selain ukurannya besar, kita juga harus menempatkannya pada posisi yang tepat. Karena bertenaga surya, maka penempatan pemanas air ini harus pada tempat yang terpapar cahaya matahari secara efektif. Dan untuk pemasangannya, alangkah baiknya jika mempercayakannya pada orang yang sudah memiliki keahlian di bidangnya untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Jika mempercayakannya pada orang yang sudah berpengalaman, kita dapat meminta rekomendasi tempat pemasangan pemanas air, apakah akan ditempatkan di dak atau pada genteng rumah. Termasuk pula untuk kebutuhan kalkulasi kapasitas yang paling cocok untuk kebutuhan keluarga, dapat kita tanyakan pada yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. 

Untuk urusan perangkat pemanas air, Anda tak perlu bingung lagi untuk mencari tipe yang terbaik di kelasnya karena sekarang produk ini sudah dapat ditemukan di toko-toko bangunan sekitar kita (kunjungi link ini untuk info lebih lanjut). 

Yang terpenting adalah, sekarang Anda sudah paham akan keunggulan dari pemanas air surya dan semakin mengerti akan keberadaan produk ramah lingkungan dan hemat energi ini. Untuk masalah daya tahan, jika dirawat dengan baik tentu alat ini dapat menemani Anda menghemat energi selama-lamanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar