Yamaha

WHO: Tak Ada Jaminan Sukses Ketika Vaksin Corona Datang

  Selasa, 04 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi wabah virus corona/ shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melihat ada prediksi buruk terkait kasus Covid-19. Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Covid-19 mungkin tidak akan pernah hilang dari bumi.

Para pakar kesehatan termasuk Anthony Fauci juga setuju dengan pernyataan WHO itu. Tedros mengemukakan bahwa efek Covid-19 akan tetap dirasakan selama beberapa dekade mendatang.

Dilansir dari berita daring asal Amerika Serikat (AS), bgr.com, Tedros menegaskan bahwa jika vaksin dan obat-obatan Covid-19 ditemukan, tidak ada jaminan kesuksesan untuk memberantas virus itu dari bumi.

AYO BACA : WHO: Tetap Melawan dan Belajar Hidup dengan Corona

"Sejumlah vaksin sedang dalam uji klinis fase tiga dan kami semua berharap memiliki sejumlah vaksin efektif yang dapat membantu mencegah orang dari infeksi Covid-19. Tapi, tidak ada metode sakti saat ini dan mungkin tidak akan pernah ada," kata Tedros dilansir bgr.com, Senin (03/8/2020).

Tedros juga menuturkan bahwa setiap kandidat vaksin dapat mengalami hasil buruk yang terjadi di fase kritis dalam pengujian. Selama kegagalan vaksin itu, WHO akan menunggu kandidat vaksin lain yang berhasil mencapai uji coba fase tiga.

Beruntungnya, sejauh ini para ilmuwan tidak hanya memiliki satu gagasan vaksin. Mereka memiliki lebih dari 150 gagasan, enam diantaranya telah mencapai uji klinis tahap tiga.

Tedros terus mendesak seluruh negara untuk terus memperluas tes, mengisolasi, dan merawat pasien Covid-19. Dia mengingatkan bahwa contact-tracing dan karantina dapat membantu mengurangi penularan. Langkah tersebut dapat membuat kurva penularan turun tanpa harus melakukan lockdown. 

AYO BACA : Skenario Buruk WHO: Tak Ada Jaminan Sukses Ketika Vaksin Datang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar