Yamaha

Restart Liga 1 Dimulai 1 Oktober 2020

  Sabtu, 08 Agustus 2020   Budi Cahyono
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Kompetisi Liga 1 musim ini akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober 2020. Kompetisi akan bergulir sekitar 4 bulan dan akan berakhir pada 28 Februari 2021. Operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan rapat dengan perwakilan klub-klub Liga 1 di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Direktur Operasional LIB, Sudjarno mengatakan, seluruh tim berkomitmen melanjutkan Liga 1 pada 1 Oktober 2020 – 28 Februari 2021. Namun, LIB menggarisbawahi, kompetisi musim ini sangat berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

Seluruh tim akan menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat, termasuk jurnalis peliput saat bertugas dalam sebuah pertandingan. Menurut purnawirawan inspektur jenderal polisi itu, dalam rapat tersebut, semua klub termasuk yang sempat berkeberatan melanjutkan kompetisi (Persita, Persebaya, Persik, Barito Putera dan Persipura) memahami kebijakan-kebijakan yang diambil LIB dalam soal kompetisi.

AYO BACA : Liga 2 Kick-off 17 Oktober dengan Format Baru

“Kami, LIB menjamin protokol kesehatan akan diterapkan dengan sangat ketat sesuai arahan dari Pemerintah melalui Satgas Covid-19 dan PSSI,” kata Sudjarno saat dihubungi Ayojakarta.com, Sabtu (8/8/2020).

Kemudian, untuk subsidi, LIB menegaskan besaran uang bantuan masih sesuai rencana awal yaitu setiap klub mendapatkan Rp800 juta per bulan atau lebih tinggi dari yang didapatkan sebelum pandemi Covid-19 sebesar Rp520 juta.

Subsidi itu dibayar mulai satu bulan sebelum liga dimulai hingga bulan saat kompetisi berakhir.

AYO BACA : Away Lawan Thailand, Timnas Bakal Jalani Karantina

"Alhamdulillah klub-klub memahami langkah-langkah LIB. Kami juga sudah memaparkan kepada klub soal transportasi, akomodasi. Lalu bagaimana nanti ketika mereka 'home' dan 'away'. Kami menyampaikan kewajiban dan hak mereka," jelas Sudjarno.

LIB telah menggelar dua kali rapat virtual dengan klub-klub sebagai bagian dari persiapan Liga 1 2020, yakni hari ini Jumat 7 Agustus dan 17 Juli 2020.

Selanjutnya, LIB akan mengadakan workhsop medical bagi tim medis Liga 1 maupun Liga 1 sebagai wadah pemaparan teknis pencegahan Covid-19 selama kompetisi berlangsung.

Sudjarno menambahkan, berbeda dengan Liga 2 yang menggunakan format baru yakni home tournament, sehingga semua laga dimulai dari awal, Liga 1 akan tetap menggunakan format home away.

“Jadi tidak mengulang lagi dari awal, tetapi kompetisi dilanjutkan di pekan keempat, karena sebelumnya kompetisi ditangguhkan pada pekan ketiga,” sambung Sudjarno.

AYO BACA : Lanjutan Kompetisi Liga 1: PT LIB ke Yogyakarta untuk Cek Kesiapan Stadion

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar