Yamaha

Cegah Banjir, Kali di Jaksel Dikeruk

  Rabu, 12 Agustus 2020   Aini Tartinia
ilustrasi pengerukan kali/ Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan mengeruk di lima titik kali di Jakarta Selatan. Hal itu dilakukan guna mencegah banjir dan menambah daya tampung air.

Kepala Sudin SDA Jakarta Selatan, Mustajab mengatakan, pengerukan kali bertujuan untuk membuka jalur air di kali di Jakarta agar tidak terjadi hambatan saat ibukota tengah memasuki musim hujan. Menurutnya hal ini bisa meminimalisir genangan air di perkampungan warga saat intensitas hujan tinggi.

Lima titik sungai yang sedang dikeruk yakni, Kali Cideng, Kali Baru Barat, Kali Terusan Grogol, Kali Cabang Tengah, dan Kali Pulo. Pengerukan dilakukan dengan memaksimalkan pengerjaan pada pengangkatan sedimen lumpur yang cukup tebal.

“Rata-rata lumpur bercampur dengan batu, serta puing-puing yang tidak diketahui asalnya darimana,” kata Mustajab seperti dilansir republika.co.id - jaringan Ayojakarta.com, Selasa (11/08/2020).

AYO BACA : Wagub Jabar Minta BBWS Turunkan Ego Soal Pengerukan Sungai

Mustajab menambahkan, pengerukan sungai dilakukan sejak awal 2020. Sudin SDA Jakarta Selatan mengerahkan puluhan alat berat untuk melakukan pengerukan di lima titik kali tersebut secara paralel atau bersamaan. Selain itu, pengerjaan pengerukan juga dilakukan pada saluran air yang tersebar di 10 kecamatan.

“Terutama kali-kali yang jadi kewenangan kami,” ujarnya.

Selain pengerukan, Mustajab mengaku bahwa Sudin SDA Jakarta Selatan juga mengerjakan penggantian u-ditch di beberapa saluran air. “Misalnya, di Jalan Haji Saikin sepekan lalu kami lakukan penggantian, karena jalan di sekitarnya kerap tergenang saat hujan,” katanya.

Tak hanya itu, demi meminimalisir risiko kecelakaan pengguna jalan, perbaikan minor turut dilakukan seperti beberapa jalan rawan longsor yang kerap dilaporkan oleh masyarakat.

AYO BACA : 36 Titik Saluran Air di 4 Kecamatan Diperbaiki Selama Mei 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar