Yamaha

Pertahankan Simbol Wilayah, Lurah Pulo Gebang Tanam Pohon Gebang

  Rabu, 12 Agustus 2020   Aini Tartinia
ilustrasi kantor kelurahan pulo gebang, rabu (12/08/2020). dok: timur.jakarta.go.id

PULO GEBANG, AYOJAKARTA.COM – Kelurahan Pulo Gebang di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur memiliki asal usul nama yang berasal dari nama sebuah pohon, yakni pohon Gebang. Pulo Gebang diduga berasal dari dua kata, yakni Pulo berarti daratan atau pulau, dan Gebang berarti pohon gebang.

Menurut sejarah, dahulunya kawasan itu berupa pulau yang banyak ditumbuhi pohon Gebang seperti jenis pohon palem yang memiliki daun menyerupai daun lontar. Secara geografis wilayah Pulo Gebang berbatasan dengan Kelurahan Ujung Menteng di sebelah utara, Kelurahan Penggilingan di Barat, Kelurahan Kranji dan Kelurahan Kota Baru Bekasi di sebelah Timur.

Taman Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Kantor Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menanam pohon gebang yang merupakan sejarah asal muasal lahirnya nama Pulo Gebang. Penanaman pohon itu diharapkan sebagai ingatan untuk seluruh warga sebagai simbol yang harus dilestarikan sebagai sejarah kewilayahan.

Lurah Pulo Gebang, Mahfudz mengatakan, penanaman pohon gebang tersebut dalam rangka menindaklanjuti jawaban atas permintaan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Saefullah, saat meresmikan Kantor Kelurahan Pulo Gebang usai direhabilitasi pada Februari 2020 lalu.

AYO BACA : Mengembalikan Pasar Minggu Sebagai Sentra Buah Seperti Dulu

“Alhamdulillah, apa yang dinginkan pimpinan telah telah penuhi. Ini sangat positif, untuk pertahankan sejarah lahirnya Pulo Gebang,” kata Mahfudz seperti dikutip timur.jakarta.go.id, Rabu (12/8/2020).

Ia mengatakan, satu pohon gebang cukup langka keberadaanya. Ia pun akhirnya mendapatkan pohon berjenis palem tersebut di Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Kita beli dari petani yang ada di Bekasi. Semoga saja ini dapat bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu, kantor Kelurahan Pulo Gebang juga menanam berbagai koleksi tumbuhan lainnya, seperti tanaman obat keluarga (Toga) dan beberapa jenis sayur-mayur.

AYO BACA : Tak Lazim, Pemuda Tawuran di Laut Sambil Berenang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar