Yamaha

Teladan, Sudinpusar Jakpus Lestarikan Budaya Betawi

  Kamis, 13 Agustus 2020   Aini Tartinia
Beranda Betawi yang berada di Sudinpus Jakarta Utara/dok: utara.jakarta.go.id

PETOJO SELATAN, AYOJAKARTA.COM - Ciri khas Budaya Betawi tak akan lekang oleh waktu jika terus dirawat keberadaannya. Seperti yang dilakukan Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Utara yang menyediakan Beranda Betawi di perkantorannya.

Beranda Betawi secara khusus untuk menampilkan koleksi maupun ciri khas budaya Betawi yang ada di masing-masing wilayah DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Wahyu Hariyadi memberikan apresiasi atas karya tersebut.

AYO BACA : Jelang 17-an, Ada Golok Betawi di Lagoa Jadi Simbol Perlawanan Covid-19

"Dengan penambahan permainan anak dari konsep gigi balang, kembang kelapa, ondel-ondel, baju khas Betawi atau lainnya," kata Wahyu dalam utara.jakarta.go.id yang dikutip Ayojakarta, Kamis (13/8/2020).

Kehadiran beranda Betawi ini, diharapkan masyarakat DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara lebih mengenal tentang kebetawian, dengan cara meningkatkan minat baca masyarakat untuk lebih mencintai budaya Betawi.

"Di Jakarta Utara banyak tempat yang besar sejarah tentang Betawi antara lain Rumah Si Pitung, Gereja Tugu, Museum Bahari, makam Mbah Priok. Hal semacam itu mungkin nanti ada keliterasiannya. Jadi, masyarakat juga mengetahui tentang hal-hal yang ada di Jakarta Utara ini," ujarnya.

"Dengan diangkatnya kearifan kearifan lokal, dalam hal ini tentang budaya Betawi, seni Betawi, makanan Betawi dan lain-lainnya," ucapnya.

AYO BACA : Pertahankan Simbol Wilayah, Lurah Pulo Gebang Tanam Pohon Gebang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar