Yamaha

Tips Pilih PTS jika Tidak Lolos SBMPTN dan Ujian Mandiri

  Kamis, 13 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
[Ilustrasi] pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 (istimewa)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang kini menggunakan komputer atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 udah selesai, nih.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan ada 713.230 peserta yang daftar di UTBK-SBMPTN 2020.

Dari jumlah itu, LTMPT mengungkap ada 50.821 peserta yang tidak hadir untuk mengikuti SBMPTN 2020. Wah, sayang banget ya. Lebih lanjut, LTMPT mengatakan ada 662.409 peserta yang hadir mengikuti ujian tersebut. Hmm, masih cukup banyak ya ternyata.

Dari tahapan-tahapan tersebut, tentunya yang diharapkan oleh kalian para pejuang PTN itu hasilnya, kan?. Pasti udah tahu dong kalau hasil ujian SBMPTN 2020 bakal diumumkan besok, Jumat 14 Agustus 2020?

Nah, kalian juga harus sadar ya, kalau yang ikut tes SBMPTN dan Ujian Mandiri itu pasti ada yang gagal untuk mendapatkan perguruan tinggi negeri impian. Kenapa? Karena dari total jumlah pelamar, hanya 40% peserta SBMPTN yang akan lolos sedangkan 30% dari total pelamar ujian mandiri dari masing-masing daya tampung kampus juga dinyatakan lolos.

Tapi jangan berkecil hati ya sobat. Buat kalian yang gagal masuk PTN tahun ini dan tetap ingin melanjutkan pendidikan tinggi di tahun yang sama, kalian boleh loh daftar di perguruan tinggi swasta (PTS). Mau tahu gak gimana cara menentukan kampus swasta yang gak kalah oke dari PTN? Nih tipsnya ya…

1.Akreditasi

Dengan memilih kampus yang sudah ter-akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), tentunya kampus tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi. Terlebih, jika kampus tersebut memiliki akreditasi A. Selain mempertimbangkan akreditasi kampus, kalian juga dapat mempertimbangkan akreditasi program studi. Akan lebih bagus jika akreditasi kampus dan prodi pilihan juga sama-sama A. Kalian dapat mengecek akreditasi kampus dan prodi di laman www.banpt.or.id

2.Jejaring Alumni

Para calon mahasiswa/i juga bisa melihat kualitas suatu PTS berdasarkan alumninya, loh. Pastikan kalian melakukan riset lebih mendalam tentang orang-orang yang pernah berkuliah di PTS tersebut. Jangan sungkan buat tanya-tanya juga ke orang-orang sekitarmu. Tanyakan pendapat mereka tentang kampus dan jurusan pilihan kalian.

3.Kerjasama Kampus

Yang gak kalah penting kalau mau tentukan kampus dan jurusan, adalah melihat calon kampusmu itu kerjasama dengan siapa aja sih? Ini penting loh untuk melihat peluang karir kerja kalian begitu lulus dari kampus itu.

4.Fasilitas

Punya kampus dengan fasilitas lengkap, siapa yang gak mau? Disaat proses pembelajaran kalian sedang jenuh, kamu bisa nih meluangkan waktu untuk melepas penat dengan fasilitas-fasilitas yang ada di kampus kamu. Misalnya, lapangan basket, lapangan bola, wall climbing, studio musik, teater, dll.

5.Biaya Kuliah

Dalam menentukan kampus swasta, alangkah lebih baik jika kalian mengikutsertakan orang tua. Murah atau mahal harus disesuaikan dengan orang yang bertanggungjawab untuk membiayai kuliah kalian, ya. Biar lebih paham, kalian bisa loh mengunjungi langsung ke kampus tersebut dan menemui bagian kemahasiswaan untuk berkonsultasi secara langsung.

Nah, itulah lima tips dari Ayojakarta untuk kalian yang gagal lolos masuk PTN. Jangan sedih ya kalau hasilnya tidak sesuai harapan. Kesuksesan itu tak hanya didapat dari masuk PTN loh guys. Tetap semangat!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar