Yamaha

Kabar Baik, Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Menurun

  Kamis, 13 Agustus 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi (pixabay)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Kasus positif Covid-19 yang masih aktif di Indonesia berangsur menurun dari waktu ke waktu. Bahkan saat ini persentase kasus aktif Indonesia berada di bawah angka global.

Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, berdasarkan data 12 Agustus, kasus aktif Covid-19 di Indonesia berjumlah 39,017 atau sekitar 29,85 persen. Angka itu menurut Wiku sedikit di bawah persentase secara global.

"Pada tanggal 12 Agustus jumlah kasus aktif di Indonesia adalah 29,85 persen yang sudah berada di bawah rata-rata dunia yaitu 30,51 persen. Ini adalah kabar yang baik, karena jumlah kasus positif aktifnya telah menurun," kata Wiku dalam telekonferensi pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Wiku kemudian menjelaskan lebih rinci mengenai apa itu kasus aktif. Menurutnya aksus aktif adalah jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit atau tengah menjalani isolasi mandiri.

"Misalnya begini, Pada minggu pertama ada 10 orang yang menderita Covid-19. Kemudian pada minggu ketiga ada lima orang yang sembuh, ada satu meninggal, dan ada empat kasus aktif. Ini artinya ada 50 persen orang yang sembuh, ada 10 persen yang meninggal, dan 40 persen kasus aktif," jelas Wiku.

Meski kasus aktif di Indonesia mejunjukan tren positif, Wiku mengingatkan bisa saja terjadi lonjakan kembali. Oleh sebab itu dia mengimbau agar penanganan Covid-19 dan disiplin protokol kesehatan harus terus dijaga.

"Tetap kita harus waspada bahwa jumlah kasus aktif ini bisa saja meningkat apabila kita lengah menangani kasus dan masyarakat lengah tidak menjalankan protokol kesehatan. Jadi ini betul-betul harus menjadi perhatian kita semua. Dan semoga kita semua memahami apa yang dimaksud dengan kasus aktif," imbuhnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar