Yamaha

Satgas Covid-19 Laporkan Zona Merah dan Hijau Menurun Jumlahnya

  Kamis, 13 Agustus 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi corona (Shutterstock)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan data terkini status zonasi risiko penularan Covid-19. Data ini dihimpun Satgas Covid-19 sejak 24 Mei hingga 9 Agustus 2020.

Wiku menuturkan, saat ini terdapat 35 kabupaten/kota yang tidak terdampak pandemi Covid-19. Kemudian 47 kabupaten/kota tidak ada penambahan kasus baru selama empat pekan terakhir.

Untuk zona kuning, Wiku menyampaikan ada sebanyak 177 kabupaten/kota. Sementara zona oranye sebanyak 222 kabupaten/kota. Sedangkan untuk wilayah dengan risiko penularan tinggi atau zona merah berjumlah 33 kabupaten/kota.

Lebih rinci Wiku menjelaskan, dari waktu ke waktu jumlah zona merah terus berkurang. Artinya, kata Wiku, daerah yang memiliki kasus Covid-19 tinggi jumlahnya terus menurun.

"Dari waktu ke waktu selama mingguan terlihat kecenderungan daerah yang zona merah menjadi semakin sedikit. Ini adalah berita baik," kata Wiku dalam telekonferensi pers dari Istana Kepresidenan, Kamis (13/8/2020).

Meski demikian, Wiku juga mengkhawatirkan adanya penurunan jumlah daerah yang sebelumnya berstatus zona hijau. Dia mewanti-wanti agar jangan sampai daerah yang tidak terdampak Covid-19 malah berubah statusnya.

"Kemudian zona hijau terlihat menurun. Ini artinya kondisi ini perlu menjadi perhatian. Jangan sampai kabupaten/kota yang belum terdampak berkurang. Jadi kita perlu menjaga agar kondisi semakin baik," ungkapnya.

Sementara itu daerah zona kuning dan oranye jumlahnya fluktuatif selama empat pekan terakhir. Wiku berharap kedua zona ini tidak berubah menjadi merah atau tingkat risiko penularannya tinggi.

"Ternyata daerah dengan risiko sedang dan ringan ini bersifat fluktiatif dan relatif tinggi. Mari kita kerja sama agar kinerja dari zonasi ini bisa membaik mengarah ke kuning dan hijau," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar