Yamaha

HUT RI, Pemkab Kepulauan Seribu Hanya Tugaskan Tiga Anggota Paskibra

  Jumat, 14 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
Anggota Paskibraka HUT RI ke-75 Kepulauan Seribu saat berlatih / dok Pemkab Kepulauan Seribu

KEPULAUAN SERIBU, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengurangi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75. Itu dilakukan untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19.

Kepala Seksi Pemuda dan Olahraga Unit Kerja Teknis (UKT) 1 Kepulauan Seribu, Seply Madreta mengatakan, tahun ini pihaknya hanya akan menugaskan tiga orang anggota Paskibra. Mereka adalah pembawa baki dan dua lainnya sebagai pengibar bendera.

"Ketiga petugas Paskibra merupakan pelajar SMAN 69 kelas 12 yang mengikuti seleksi pada tahun 2019," ujar Sefly, dilansir dari pulauseribu.jakarta.go.id, Kamis (13/08/2020). 

Ketiga anggota Paskibra yang beruntung itu adalah Sopian, M Tubagus Berlian Saputra, dan Adinda Ayulia Chalik. Namun, Pemkab Kepulauan Seribu menyiapkan dua cadangan anggota Paskibraka.

Tindakan itu untuk mengantisipasi jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dua orang anggota yang disiapkan bernama Aldi dan Silvi Maharani.

Sefly juga membeberkan bahwa Pemkab Kepulauan Seribu tidak mengadakan seleksi anggota Paskibraka untuk tahun 2020. "Tahun ini tidak ada seleksi, mereka merupakan Paskibra tahun 2019 yang memang sudah siap dan terlatih," pungkasnya.

Di lain tempat, untuk menyambut HUT RI yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19, Pemkab Kepulauan Riau mengajak warganya untuk mengheningkan cipta sejenak.

Menurut Plt Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, sesuai Surat Edaran (SE) Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 mengenai Pedoman Peringatan HUT ke-75 RI 2020, warga Kepulauan Seribu untuk mengikuti kegiatan hening sejenak selama tiga menit.

“Seluruh warga Kepulauan Seribu diharapkan untuk hening sejenak, menghentikan aktivitas dan berdiri tegap,” kata Junaedi, Kamis (13/08/2020).

Nantinya kegiatan hening sejenak tersebut akan dilakukan pada 17 Agustus 2020, mulai pukul 10.17- 10.20 WIB, dengan berdiri tegak.

“Kami juga akan menyiapkan sirine di tempat umum pada saat dimulainya hening serentak,” tambah Junaedi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar