Yamaha

Ratusan PKL di Kecamatan Cakung Direlokasi

  Jumat, 14 Agustus 2020   Aini Tartinia
ilustrasi PKL/Republika

CAKUNG, AYOJAKARTA.COM - Kecamatan Cakung merelokasi ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) ke sentra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di RW 08 Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah, kita dapat tempat untuk relokasi. Ketimbang mereka berdagang ditempat yang dilarang atau bukan peruntukannya. Kita menempatkan mereka di suatu tempat sebagai sentra UMKM," ujar Camat Cakung Achmad Salahuddin seperti dilansir republika.co.id - jaringan Ayojakarta.com belum lama ini.

Lebih lanjut Salahuddin menyatakan, dampak Covid-19 terasa di semua sektor termasuk UMKM. Karena itu, pihaknya mengambil langkah untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak membantu UMKM.

"Dalam situasi Covid19, kami mencari terobosan. Di antaranya ada instruksi Sekda nomor 56 Tahun 2020 tentang Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) bidang UMKM," ujarnya.

Salahuddin menambahkan, pihaknya juga melakukan jemput bola memberikan layanan. Yakni untuk memfasilitasi terkait Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUKM).

"Kecamatan Cakung sudah ada 763 izin yang kita berikan. Dan di DKI posisi peringkat 10 besar," jelasnya.

AYO BACA : Asyik, 17 Agustus Pemerintah Tebar Cashback UMKM Hingga Rp750 Ribu!

Setelah dapat izin, Pelaku UMKM (PUMKM) dapat kesempatan pembinaan dari pemerintah. Sehingga di tengah Pandemi COVID-19, mereka terbantu secara ekonomi.

"Mereka bisa tetap survive," katanya.

Sementara itu, pengelola sentra UMKM RW 08 Kelurahan Pulo Gebang, Muhtadi mengatakan, pihaknya memang memfasilitasi para PKL.

"Jadi kami memfasilitasi mereka untuk berdagang mami tempatkan di RW 08," ucapnya.

Salah seorang pedagang, Arif Faturrahman mengatakan pelaku UMKM sangat terbantu. Terutama di saat Pandemi ini. Pihaknya juga diminta untuk saling menguatkan atau optimis kita diantara pedagang.

"Dengan bantuan dari Pemprov DKI, dalam hal ini Kecamatan Cakung, ke depan lebih baik secara ekonomi. Pemberian izin usaha juga sangat membantu kami," ujarnya.

AYO BACA : Pelaku Usaha Optimistis Mampu Bangkit di Era New Normal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar