Yamaha

Di Manakah Pusat Covid-19? Simak Pergerakan Virus Corona di Dunia Saat Ini

  Sabtu, 15 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi/bbc.com

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pandemi Covid-19 terus menyebar ke berbagai penjuru dunia dengan lebih dari 21 juta kasus di 188 negara. Serta, ada lebih dai 750.000 orang kehilangan nyawa menurut data dari worldometers.

Banyak negara yang terlihat berhasil menurunkan kurva penularan virus namun, kini kasus infeksi kembali muncul dan menjadi klaster baru. Lalu, di negara manakah pusat peningkatan kasus dan kematian akibat Covid-19? Dilansir dari media asal Inggris, BBC, berikut deskripsi mengenai data terkini mengenai Covid-19.

Data-data ini dihimpun dari berbagai sumber, seperti data dari Universitas Johns Hopkins, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Eropa, pemerintah negara terkait atau badan kesehatan terkait, serta diambil dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Di Balik Lelaki Sukses, Ada…?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Amerika Latin menjadi pusat pandemi Covid-19 saat ini. Brasil memiliki jumlah kasus tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Brasil mencatat lebih dari 100.000 orang meninggal akibat virus asal Cina itu.

Meksiko adalah negara yang paling terkena dampak kedua di kawasan Amerika Latin. Meksiko juga mencatat ada lebih dari 50.000 kematian akibat Covid-19. Negara lain di kawasan itu seperti Kolombia, Peru, Argentina, dan Venezuela, juga mengkonfirmasi peningkatan yang cukup pesat dari persebaran Covid-19.

Di luar Amerika Latin, Iran adalah salah satu negara di Asia yang terkena dampak parah. Angka resmi yang ditunjukkan oleh Pemerintah Iran menunjukkan peningkatan dengan jumlah kematian hampir 20.000. Namun, BBC mengaku mempunyai dokumen bocoran dari Iran yang menyatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Iran dua kali lipat lebih banyak dari yang ditunjukkan kepada publik.

Beralih ke benua hitam, Afrika. Afrika Selatan dan Mesir menjadi negara yang paling terdampak. Afrika Selatan menjadi salah satu dari tujuh negara di dunia dengan lebih dari 500.000 kasus.

AYO BACA : Mau Jadi Pegawai Setempat Kedutaan di Luar Negeri? Ini Enak & Gak Enak-nya

Oke, kita pindah berbicara tentang kasus dan kematian harian tertinggi di dunia. Sejauh ini, India menjadi negara dengan kasus dan kematian tertinggi. Negara di Asia Selatan itu mengkonfirmasi kasus positif sekitar 2,5 juta kasus dan lebih dari 60.000 kasus harian ditemukan.

Negara terpadat kedua di dunia ini memiliki angka kematian tertinggi keempat. Namun, Pemerintah India terus membuat kebijakan yang sifatnya berupa pelonggaran.

Hal lain yang cukup mengejutkan adalah, kasus covid-19 kembali meningkat di Benua Biru. Beberapa negara di Eropa melaporkan adanya kasus baru yang muncul beberapa hari belakangan.

Jika melihat kasus awal di Eropa, Spanyol menjadi negara yang paling terdampak ketika pandemi itu memasuki Eropa. Kini, hal itu kembali terjadi. Spanyol melaporkan peningkatan kasus baru dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan, para ahli menyatakan Spanyol akan menghadapi situasi krisis.

Prancis, negara yang cukup berhasil dalam penanganan Covid-19 di Eropa, kini menghadapi hal serupa dengan Spanyol. Pemerintah Prancis melaporkan adanya lonjakan infeksi di negaranya. Jumlah rata-rata kasus harian di negara itu meningkat dua kali lipat selama tiga pekan terakhir menjadi 2.000 kasus dalam sehari.

Setelah ditelusuri, peningkatan kasus di Eropa sebagai akibat dari dibukanya kembali kebijakan lockdown. Tidak hanya terjadi di Eropa, hal serupa juga terjadi di Israel, Australia, dan Jepang. Sementara di AS, penyebaran Covid-19 sedikit menurun setelah gelombang kedua.

Namun, jumlah kematian di AS hampir 170.000, di mana angka tersebut lebih dari seperlima dari kematian Covid-19 di seluruh dunia. Universitas Washington memperkirakan jumlah korban meninggal akibat Covid-19 bisa mencapai lebih dari 295.000 pada Desember 2020. Perkiraan tersebut bisa jadi salah jika 95% warga AS mau mengenakan masker di tempat umum.

AYO BACA : Teruntuk Murid di Jakarta, Kalian Masih Harus Belajar dari Rumah Dulu Ya...

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar