Yamaha

167.414 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Jelang Libur Panjang

  Sabtu, 15 Agustus 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi kendaraan di tol JORR/ Suara.com

CIKAMPEK, AYOJAKARTA.COM - Sebanyak 167.414 kendaraan meninggalkan Provinsi DKI Jakarta menjelang libur panjang HUT Republik Indonesia ke-75. Selain itu, PT Jasa Marga mencatat, pada H-3 libur panjang tersebut volume kendaraan naik 36% dibandingkan situasi normal.

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 49,79% menuju arah Timur, 28,42% menuju arah Barat dan 21,79% menuju arah Selatan. Adapun rinciannya sebagai berikut," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Lebih lanjut Dwimawan menjelaskan, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah timur merupakan kontribusi dari dua gerbang tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa. Kedua, GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

"GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 45.104 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 62,0% dari lalin normal. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 38.250 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 49,1% dari lalin normal," jelasnya.

AYO BACA : Waze Catat 24,3 Persen Lonjakan Lalu Lintas Selama PSBB Transisi, Tangerang Paling Tinggi!

Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur adalah sebanyak 83.354 kendaraan. Jumlah ini naik sebesar 55,8% dari lalu lintas di hari normal.

Kemudan, Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang sebesar 47.576 kendaraan. Angka ini naik sebesar 18,5% dari lalu lintas di hari normal.

"Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan atau Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 36.484 kendaraan, naik sebesar 24,0% dari lalin normal," ujarnya.

Dwimawan mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas. Selain itu, kendaraan juga harus dipastikan dalam keadaan prima. Di masa pandemi Covid-19 ini pengguna jalan juga harus mematuhi protokol kesehatan.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Saat berada di Tempat Istirahat, isi saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," imbuhnya.

AYO BACA : Jasa Marga Berlakukan Contraflow di Tol Japek

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar