Yamaha

BI Luncurkan Uang Rupiah Khusus Edisi HUT RI ke-75 Besok, Seperti Inikah Penampakannya?

  Minggu, 16 Agustus 2020   Eries Adlin
Gambar uang pecahan Rp75.000 yang beredar di media sosial/Istimewa

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Bank Indonesia disebut-sebut akan merilis uang rupiah khusus perayaan HUT RI ke-75. Sementara itu, beredar pesan berantai berisikan foto uang pecahan Rp75.000 di jaringan WhatsApp dan Twitter.

Bank Indonesia memang sudah mengirimkan undangan ke media massa untuk acara peluncuran uang rupiah khusus itu pada Senin, 17 Agustus 2020. Menurut agenda, acara tersebut akan dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekan pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia' bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.” Begitu tertulis dalam undangan yang diterima media massa, Minggu (16 Agustus 2020).

Uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh Bank Indonesia dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya. Ada dua jenis uang khusus yakni berupa uang kertas bersambung (uncut banknotes) dan koin peringatan (commemorative coins). Menurut BI, uang rupiah khusus merupakan alat pembayaran yang sah namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar.

Kalau memperhatikan foto uang pecahan yang beredar di WhatsApp dan Twitter terlihat sedikit perbedaan dengan uang pecahan yang sudah beredar misalnya pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp10.000 emisi tahun 2016.

Di dalam foto uang pecahan Rp75.000 yang beredar itu terlihat yang memberikan tanda tangan adalah Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Sementara dalam tiga uang yang merupakan emisi 2016 hanya tertulis Gubernur dan Menteri Keuangan tanpa kata Indonesia dan Republik Indonesia.

Hmmm, kira-kira uang rupiah khusus yang diluncurkan besok memang seperti yang beredar di grup WA atau Twitter gak ya?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar