Yamaha

Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75: Ini Jadwal Penukaran di BI dan Bank Umum

  Senin, 17 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
Halaman depan dokumen tanya jawab tentang uang rupiah khusus memperingati HUT RI ke-75/Istimewa

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Uang rupiah khusus yang akan diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada hari ini, 17 Agustus 2020, menjadi perhatian banyak orang. Redaksi Ayojakarta banyak mendapatkan pertanyaan bagaimana cara mendapatkan uang rupiah khusus yang diluncurkan untuk memperingati HUT RI ke-45.

Ayojakarta memperoleh dokumen tentang penjelasan rinci terkait dengan uang rupiah khsusus tersebut sejak kemarin, Minggu 16 Agustus. Dokumen sebanyak sembilan halaman tersebut memajang logo Bank Indonesia di bagian pojok kiri atas.

Namun, bagaimana proses penukaran di Bank Indonesia? Ternyata, terdapat periode dan jadwal tertentu untuk masyarakat yang sudah melakukan registrasi daring dan ingin menukarkan uang tersebut di Bank Indonesia atau bank umum lain yang ditunjuk.

Berikut Ayojakarta merangkum jadwal periode penukaran di Bank Indonesia dan bank umum:

Penukaran di Bank Indonesia

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Di Balik Lelaki Sukses, Ada…?

Periode penukaran di Bank Indonesia dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020 sampai dengan seluruh lembar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI ditukarkan oleh masyarakat.

Jadwal operasional kantor Bank Indonesia

Penukaran UPK di Bank Indonesia dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.00 waktu setempat Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KpwDN) Bank Indonesia.

Daftar waktu penukaran

Dalam aplikasi pemesanan penukaran, masyarakat dapat memilih waktu penukaran sebagai berikut:

Pukul 08.00-09.00 waktu setempat

AYO BACA : Mau Jadi Pegawai Setempat Kedutaan di Luar Negeri? Ini Enak & Gak Enak-nya

Pukul 09.00-10.00 waktu setempat

Pukul 10.00-11.00 waktu setempat

Penukaran di bank umum

Periode penukaran di bank umum yang ditunjuk Bank Indonesia dimulai pada tanggal 2 Oktober 2020 sampai dengan seluruh lembar uang UPK 75 Tahun RI ditukarkan oleh masyarakat.

Daftar Bank Umum

Bank Indonesia telah menunjuk lima bank umum yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan CIMB Niaga. Ke-lima bank tersebut siap melayani penukaran UPK 75 Tahun RI oleh masyarakat.

Adapun, cabang bank umum sebagai lokasi penukaran UPK 75 Tahun RI dapat dilihat dalam menu aplikasi https://pintar.bi.go.id saat memilih lokasi penukaran.

AYO BACA : Mimpi Kerja di Kedutaan? Ini Ada Lowongan Kerja di Kementerian Luar Negeri, Guys

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar