Yamaha

Libur Tahun Baru Islam, Pengunjung TMII Capai 39.500 Orang

  Senin, 24 Agustus 2020   Aini Tartinia
ilustrasi. sejumlah pengunjung tmii mengunjungi anjungan rumah adat Sumatera Barat/dok: republika.co.id

TAMAN MINI, AYOJAKARTA.COMĀ  - Wisatawan yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur selama libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dan akhir pekan mencapai 39.500 orang.

"Pada Kamis (20/8/2020) hampir mencapai 9 ribuan. Kemudian, Jumat (21/8/2020) sekitar 7 ribuan, Sabtu (22/8/2020) sekitar 8.500-an dan hari ini (Minggu) 15 ribuan pengunjung," kata Kepala Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sahda Silalahi dilansir republika.co.id - jaringan Ayojakarta, Minggu (23/8/2020).

Bila melihat dari jumlah pengujung dalam empat hari terakhir, kata Sahda, puncak kedatangan pengunjung di TMII berlangsung pada Minggu. Sahda mengatakan akhir pekan menjadi puncak dari kehadiran wisatawan di TMII. Situasi itu tampak dari keramaian pengunjung sejak pagi hingga siang.

"Puncak pengunjung diprediksi hari ini. Dari pagi tadi sudah terlihat ramainya pengunjung, terutama para pesepeda," katanya.

Sementara itu, bila dilihat dari karakteristik wisatawan lebih didominasi oleh komunitas. "Pagi ini sudah ramai dengan pengunjung yang sepedaan dan Minggu Ria, dengan wisata kuliner dan pakaian khas Indonesia," ujarnya.

AYO BACA : Restoran Ini Hadirkan Suasana Maladewa di Gaza

Pelayanan terhadap wisatawan pada libur panjang ini tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 masih tinggi di Jakarta.

"Kapasitas tempat tetap kita batasi 50%, jaga jarak, wajib bermasker, cuci tangan dan sosialisasi bahaya Covid-19," ujar Sahda.

Sebelumnya, Sahda mengatakan pengunjung TMII hanya 20 ribu orang saja dalam masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kepadatan yang berpotensi pada pelanggaran dalam penerapan protokol kesehatan.

Di masa libur panjang Tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, TMII juga akan tetap membatasi pengunjung di angka yang sama, ditambah dengan pengetatan dalam menjalankan protokol kesehatan di area TMII.

"Di masa liburan panjang ini, kita tetap membatasi pengunjung maksimal 20 ribu pengunjung. Ketika sudah 20 ribu pengunjung otomatis sudah tidak kita layani," kata Sahda.

AYO BACA : Wow, Eksotis! Ini Daftar Teater dan Bioskop Terbuka Terbaik di Eropa dan Inggris

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar