Yamaha

Arti dan Makna Nomor Punggung bagi Penggawa Persija Jakarta

  Senin, 24 Agustus 2020   Budi Cahyono
Firman Utina, Persija Jakarta memakai nomor 87. (dok Persija)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Bagi pemain professional, nomor punggung berarti adalah cerminan jati diri saat di lapangan. Tak ayal nomor punggung menjadi salah satu komponen penting bagi identitas pemain saat berlaga di lapangan hijau.

AYO BACA : Gelandang Persija Antusias Sambut Restart Liga 1

Dilansir laman resmi Persija, sejumlah mantan pemain Persija pernah memilih nomor punggung dengan alasan cukup unik. Bisa karena faktor terinspirasi dari pemain idola hingga angka keberuntungan.

AYO BACA : Jelang Restart Liga 1, Persija Fokus Pengembalian Fisik

Leonard Tupamahu misalnya. Saat berseragam Macan Kemayoran musim 2004 lalu, Ia memilih nomor punggung 32 padahal nomor sebelumnya adalah 23.

Hal ini tidak terlepas dari adanya sosok Hamka Hamzah yang saat itu telah menggunakan nomor tersebut. Angka 32 pun menjadi identik dengan Leonard.

Selanjutnya ada Agus Indra Kurniawan. Pemain yang dikenal dengan julukan “Jepank” ini awalnya identik dengan nomor punggung 11. Namun pada musim 2008-2009 ia berganti nomor menjadi 27 karena nomor 11 dipakai Ponaryo Astaman yang kala itu menjadi bintang Tim Nasional Indonesia.

Alasan unik selanjutnya juga dipilih Firman Utina saat bergabung dengan Persija musim 2009-2010. Firman tidak dapat memakai nomor punggung 15 yang menjadi ciri khasnya karena telah dimiliki Aliyudin. Karena itu, Firman memilih nomor pungging 8+7 yang bila dijumlahkan adalah 15.

AYO BACA : Restart Kompetisi Liga 1, Persija Datangkan Dua Legiun Asing

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar