Yamaha

Tak Pakai Masker, Warga Kalisari Disanksi Bersihkan Masjid

  Senin, 24 Agustus 2020   Khoirur Rozi
Seorang warga disanksi Satpol PP membersihkan masjid. (Dok Satpol PP Kelurahan Kalisari)

KALISARI, AYOJAKARTA.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Kalisari menggelar operasi tertib masker (Tibmask) di Jalan Kalisari III, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (24/8/2020).

Operasi ini dalam rangka menegakan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian  Covid-19.

AYO BACA : Ketangkap Tiga Kali Tak Pakai Masker, Bisa Kena Denda Sampai Rp1 Juta

Kepala Satpol PP Kelurahan Kalisari, Karwadi mengatakan, dalam operasi kali ini terjaring 15 orang yang tidak memakai masker. Para pelanggar ini kemudian didata dan diberikan sanksi sosial berupa membersihkan masjid dan jalan.

"5 pelanggar tidak memakai masker dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan area Masjid Baitul Muttaqin selama 60 menit, dan 10 pelanggar tidak memakai masker dan tidak membawa KTP dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan jalan dan saluran air selama 60 menit," katanya dalam keterangan resmi Pemkot Jakarta Timur.

AYO BACA : Tak Pakai Masker Bisa Kena Denda, Tapi Tunggu Pembagian 20 Juta Masker Selesai

Menurut Karwadi, sanksi sosial kepada pelanggar protokol kesehatan ini untuk memberikan efek jera. Dia pun berharap agar masyarakat disiplin mengikuti aturan demi memutus rantai penularan Covid-19.

“Kami akan terus berikan tindakan tegas serta pengawasan sesuai dengan aturan kepada warga yang masih belum mematuhi aturan,” ujarnya.

Selain Satpol PP Kelurahan Kalisari, Operasi Tibmask ini melibatkan 20 personil gabungan dari unsur TNI, Polri, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM, dan petugas Puskesmas Kalisari. 

AYO BACA : Sudinhub Jakpus: Selama Mei 7.273 Pelanggar PSBB Ditindak, Tidak Pakai Masker yang Terbanyak

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar