Yamaha

Intip Keseruan Anak-anak di DKI Jakarta Menikmati Fasilitas Wifi Gratis Program Jak Wifi

  Sabtu, 29 Agustus 2020   Icheiko Ramadhanty
situasi anak-anak di daerah Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara yang sedang menikmati Jak Wifi / beritajakarta.id

CIPINANG BESAR UTARA, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mendistribusikan akses internet gratis alias Jak Wifi ke seluruh wilayah Jakarta. Masyarakat Ibu Kota Jakarta sudah mulai menikmati adanya Jak Wifi, terutama antusiasme yang muncul pada anak-anak karena beberapa bulan ini kesulitan membeli paket data untuk sekolah jarak jauh.

Di sebuah saung berukuran 4x20 meter, nampak beberapa orang anak sedang asik dengan telepon pintarnya masing-masing. Mereka berada dalam satu ruangan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker.

Tidak hanya berpaku pada telepon pintar, mereka juga membawa buku pelajaran masing-masing. Mereka mengaku sangat berterima kasih dengan adanya fasilitas yang baru diresmikan Jumat kemarin (28/8/2020) oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.

AYO BACA : Dukung PJJ dengan JakWifi, Jakut Pasang 447 Titik Wifi Gratis

Anak-anak yang berpakaian bebas itu duduk rapi, namun tetap menjaga jarak dengan sesama. Begitulah setampak mata suasana yang tergambar di sebuah saung yang terletak di RT 07/08, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara.

"Kami berterima kasih pada Pemprov DKI karena memberikan fasilitas jaringan internet gratis (Jak Wifi) pada anak-anak,” ujar Ketua RW 08 Cipinang Besar Utara Jatinegara, Windu, seperti dilansir dari beritajakarta.id, Sabtu (29/8/2020).

Windu mengatakan, baru sehari diresmikan oleh Wali Kota Jakarta Timur, akses layanan internet gratis dari Pemprov DKI ini dapat dinikmati pelajar pada pukul  06.00 - 11.00 WIB dan sore harinya 15.00 - 17.00 WIB.

AYO BACA : Cerita Siswa di Jakpus Dapat Akses Jak Wifi Dari Pemprov DKI

Meski demikian, pihaknya mengimbau agar para pelajar yang mengakses jaringan internet tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Windu berharap, jaringan internet gratis ini bisa semakin menambah semangat anak-anak dalam belajar, meski secara daring.

"Yang tidak kalah pentingnya, kini para orang tua sudah bisa menghemat pengeluaran, karena tidak membeli kuota internet lagi," ungkapnya.

Gubernur Anies mengatakan, penyediaan layanan internet gratis ini juga difokuskan pada kawasan pemukiman padat penduduk. Dia juga berharap agar Jak Wifi dapat membuat warga Jakarta aktif dalam kegiatan digital.

"Bukan semata-mata sebagai konsumen atas informasi yang ada di dunia digital. Tapi, kita berharap masyarakat Jakarta bisa menjadi content creator, bisa menjadi supplier konten," ujar Anies dalam konferensinya di akun YouTube, Pemprov DKI Jakarta.

AYO BACA : Alhamdulillah, Jakbar Sudah Dipasang 636 Titik Internet Gratis

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar