Yamaha

Penyerang Mapolsek Ciracas Terekam CCTV, Saksi Hidup Dengar Teriakan dan Disuruh Putar Balik

  Sabtu, 29 Agustus 2020   Fitria Rahmawati
Kondisi mobil yang rusak akibat penyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu, (29/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

CIRACAS, AYOJAKARTA.COM - Penyerangan di Mapolsek Ciracas disaksikan warga skitar yang masih terbangun saat Sabtu (29/8/2020) dini hari. Asep, salah satu warga yang melintas bersama gerombolan para penyerang mengaku tak menyadari bahwa ada serangan di Mapolres hingga melukai polisi dan membakar bangunan serta mobil di dalamnya.

Saat itu, Asep sedang menuju rumah saudaranya yang tak jauh dari Mapolsek Ciracas. Asep memastikan belum melihat Mapolsek Ciracas terbakar saat melewati gedung tersebut. Namun, tepat di depan Gedung Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Cijantung, Jaktim, Asep diberhentikan oleh sekelompok orang tak dikenal yang naik sepeda motor.

\"Jadi di depan gedung LPSK, saya diberhentiin. Mereka teriak-teriak suruh yang ada di jalan muter balik. Akhirnya saya putar balik dan masuk ke kawasan Kopasus,\" kata Asep saat dikonfirmasi pada Sabtu.

Asep sempat tekejut karena saat diberhentikan, dia melihat orang tersebut membawa besi, kayu, dan bambu yang cukup panjang. Kemudian, Asep akhirnya putar balik dan menyusuri kawasan Kopasus, lalu tembus ke kawasan Pasar Rebo. Saat melewati beberapa jalan, ia kembali masuk ke Jalan Raya Bogor arah Kramat Jati.

Saat melewati Mapolsek Ciracas sekitar pukul 01.55 WIB, Asep sudah melihat halaman Mapolsek Ciracas terbakar. \"Jam 01.55 WIB saya lihat sudah ada api. Dari halaman Mapolsek, saya kaget ada apa ini,\" ujar Asep.

Saat Mapolsek Ciracas terbakar, Asep juga turut melihat banyak gerombolan warga tak dikenal di depan gedung. Dia tak mau ambil risiko, karena nanti malah terlibat dalam masalah. Asep pun langsung pergi menggunakan sepeda motornya ke arah rumah di Jatinegara.

Dia akhirnya baru menyadari ada peristiwa penyerangan ke Mapolsek Ciracas setelah melihat pemberitaan media. Sebelumnya ada penyerangan di Mapolsek Ciracas yang dilakukan oleh 100 kelompok tak dikenal. Mereka tersebut merusak fasilitas hingga melakukan pembakaran.

AYO BACA : Hoaks Jadi Pemicu Pembakaran Brutal di Mapolsek Ciracas

Hingga saat ini situasi di Mapolsek Ciracas, petugas masih membersihkan puing-puing sisa terbakar.

Peristiwa penyerangan pun terekam kamera CCTV dan beredar di media sosial. Dalam video tersebut terlihat bagaimana detik-detik segerombolan pria memasuki halaman Mapolsek Ciracas.

Dari kejauhan terlihat api yang menyala, namun tidak tampak jelas apa yang dibakar oleh mereka.

Sembari membawa benda-benda keras, masing-masing individu merusak kendaraan yang terparkir. Terlihat jelas dalam video, mereka nekat memukul satu unit mobil hingga memecahkan kaca.

Mayoritas wajah mereka tidak dapat terlihat karena mengenakan masker. Hanya saja ada satu pria bercelana pendek tampak mengeluarkan senjata api dan mengarahkannya ke satu sudut.

Satu bus dinas milik polisi yang terparkir juga tak luput dari perusakan. Mereka kompak menggoyangkan bus itu dengan maksud hendak menggulingkannya, namun gagal.

Sebelumnya, gerombolan massa itu sempat melakukan serangan kepada masyarakat sipil dan gerobak di sepanjang Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. Setelah itu, mereka pun menyerang Mapolsek Ciracas dengan memecahkan kaca, merubuhkan pagar, hingga membakar beberapa kendaraan yang terparkir.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar