Yamaha

TC Timnas U-19 di Kroasia Makan Dana Rp7 Miliar

  Sabtu, 29 Agustus 2020   Fitria Rahmawati
Sejumlah pesepakbola tim nasional Indonesia U-19 mengikuti sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

GELORA, AYOJAKARTA.COM - Plt Sekjen PSSI yang juga merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi mengatakan, training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia menghabiskan dana lebih dari Rp7 miliar.

Yunus menjelaskan, anggaran dari pemerintah ini dibagi untuk beberapa hal. Secara keseluruhan, Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) mengucurkan dana Rp50,6 miliar untuk persiapan Timnas U-19 dalam menyambut Piala Dunia U-20 2021.

AYO BACA : Timnas U-19: Dua Pemain Persija Ikuti TC ke Kroasia

"Dari dana Rp50 miliar, pesawat Rp700 juta ke Kroasia, pulang-pergi lebih dari Rp1 miliar," kata Yunus Nusi saat ditanya awak media di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

"Uang sekitar Rp7 miliar untuk Kroasia selama sebulan dan Uzbekistan. Itu totalnya kalau memang sekalian dari Kroasia ke Uzbekistan," tambahnya.

AYO BACA : Timnas U-19: Ini Daftar 30 Pemain TC ke Kroasia

Namun, rencana Timnas U-19 menuju Uzbekistan mengikuti Piala Asia U-19 2020 kemungkinan batal. Sebab, kejuaraan berpeluang ditunda akibat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan persiapan di beberapa negara peserta susah dilakukan.

Akan tetapi, PSSI sudah punya rencana cadangan andai Piala Asia U-19 ditunda. Garuda Nusantara, julukan Timnas U-19, akan melanjutkan TC di negara Eropa lainnya.

Turki, Spanyol, dan Portugal jadi bidikan mereka. Akan tetapi, baru Federasi Sepakbola Turki yang merespons surat dari PSSI, meski Shin Tae-yong menginginkan berlatih di Portugal.

"Dana Rp7 miliar tadi belum termasuk uang saku. Ini terkait akomodasi, konsumsi, transportasi. Pesawat saja hampir Rp1 miliar ke Kroasia. Kalau ke Portugal berubah jumlahnya," ucap Yunus Nusi.

"Belum ke Uzbekistan, belum lagi pulang ke Indonesia. Rincian detailnya saya enggak tahu, sekarang mereka per bulan di sana ada, per harinya juga ada. Sebulan itu tetap dapat. Karena ada pertandingan di sana hariannya dapat juga (uang saku)," ia menambahkan.

AYO BACA : Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia: Iwan Bule Sebut Timnas Dijajal Lawan Kuat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar