Yamaha

Wajib Tahu! Cucak Hijau Masuk Hewan Dilindungi, Harus Punya Izin Pemeliharaan

  Minggu, 30 Agustus 2020   Budi Cahyono
Kariono saat mengurus surat izin kepemilikan cucak ijo (ayosemarang.com/Vedyana)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Burung cucak hijau atau cucak ijo saat ini masuk dalam daftar salah satu dari puluhan burung yang dilindungi. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri (Permen) LHK Nomor 20 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

Kepala BKSDA Jateng, Darmanto menerangkan, jika pihaknya hingga tanggal 28 Agustus, telah membuka pendaftaran izin pemeliharaan burung cucak hijau di kantor BKSDA Jateng, Jl Suratmo, Semarang Barat.

"Hingga batas akhir pendaftaran izin pemeliharaan kemarin sudah ada kurang lebih 2.000-an pemilik cucak ijo yang mengurus izin tersebut," ujarnya, Sabtu (29/8/2020).

Adapun bagi yang tidak mendaftarkan izin pemeliharaan burung cucak ijo tersebut maka kepemilikan burung yang identik berwarna hijau tersebut dianggap illegal, dan apabila diketahui tidak mampu menunjukka izin itu akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Sementara itu, Kariono salah satu pemilik burung cucak ijo mengatakan, jika dirinya mendapat informasi kalau burung cucak ijo memang sekarang harus memiliki izin dari BKSDA.

"Yang saya tahu, cucak ijo, konin atau kolibri ninja dan betet memang harus dapat izin resmi," ucap dirinya yang sudah mengantongi izin tersebut.

Dia mengaku jika sudah sejak lama memelihara burung cucak ijo. Tak hanya satu, Kariono memelihara 3 ekor burung cucak ijo.

"Pas ngurus surat izin saya bawa KTP, surat materai dan dokumen lainnya. Kita manut aturan pemerintah  soal perizinan cucak ijo," katanya. (Vedyana)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar