Yamaha

Timnas U-19 vs Bulgaria: Ujian Perdana Taktikal Shin Tae-yong

  Sabtu, 05 September 2020   Budi Cahyono
Pemain Timnas U-19 mengikuti sesi latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). (Suara.com/Angga Budhiyanto)

KROASIA, AYOJAKARTA.COM -- Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Tim Buglaria dalam laga International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu (5/9/2020) pukul 21.30 WIB.

Direncanakan, laga Indonesia versus Bulgaria akan disiarkan NET TV dan Mola TV. Laga ini akan menjadi ujian pertama bagi Shin Tae-yong, pelatih Timnas U-19 dalam meramu formasi tim.

Di turnamen ini, Shin Tae-yong bisa mengukur sejauh mana kemampuan anak asuhannya setelah menjalani training camp (TC) di Jakarta kurun satu bulan ditambah beberapa hari di Kroasia. Juru taktik asal Korea Selatan ini tidak menargetkan apa pun di pertandingan ini.

Ia ingin Witan Sulaeman dan kawan-kawan belajar dan berkembang setelah menghadapi tim perkasa.

Shin Tae-yong menyebutkan bahwa Bulgaria adalah tim yang kuat. Postur lawan yang besar, akan membuat tim besutannya kesusahan sehingga mesti belajar untuk keluar dari kesulitan ini.

"Bulgaria secara postur, tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik juga, staminanya bagus. Intinya pertandingan tidak mudah bagi kami. Tetapi memang kami TC ke Eropa untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resminya.

Ia memboyong 27 pemain dari Indonesia untuk TC di Kroasia termasuk bertarung di turnamen ini, dan beberapa laga uji coba yang akan datang. Satu pemain kemungkinan bakal menyusul, yaitu Elkan Baggott jika mendapat restu dari klubnya di Inggris, Ipswich Town U-18.

Jika tidak mengincar kemenangan di laga ini, kemungkinan pelatih berusia 51 tahun itu akan menjajal seluruh pemain dari turnamen ini.

Pemain-pemain akan saling bergantian mengisi starting line up karena bakal ada dua pertandingan lagi, yaitu melawan Kroasia (8/9/2020) dan Arab Saudi (11/9/2020).

Namun, bisa saja untuk pertandingan melawan Bulgaria ini ia sedang mencari komposisi tim utama yang akan dipakainya di ajang resmi nanti.

Seperti diketahui, David Maulana dan kawan-kawan disiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada 14-31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Akan tetapi, kejuaraan ini kemungkinan ditunda karena pandemi Covid-19 yang terjadi di beberapa negara peserta.

Berikut prediksi susunan pemain yang kemungkinan diterapkan oleh Shin Tae-yong saat melawan Bulgaria.

Formasi: 4-3-3: Adi Satryo (Kiper), Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Ahmad Rusadi, Pratama Arhan (Belakang), Brylian Aldama, Beckham Putra, David Maulana (Tengah), Mochammad Supriadi, Witan Sulaeman, Jack Brown (Depan)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar