Yamaha

Timnas U-19 Kalah Lagi, Yoyok Sukawi: Sabar, Sepak Bola Butuh Proses

  Rabu, 09 September 2020   Budi Cahyono
Pemain Timnas Indonesia U-19 berusaha melewwati penjaga pemain Kroasia. (dok PSSI)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Timnas U-19 dua kali menelan kekalahan dalam laga uji coba bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia.

Di laga kedua, skuad Garuda Muda hancur lebur dipermak Kroasia dengan tujuh gol berbalas satu. Sebelumnya Witan Sulaeman dan kolega kalah 0-3 dari Bulgaria. Respons warganet pun beragam atas racikan dari Shin Tae-yong.

Anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi pun bersuara atas dua kali kekalahan Timnas U-19 di bawah Shin Tae-yong. Yoyok meminta masyarakat untuk sabar menanti hasil sentuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

AYO BACA : Kroasia Hantam 7-1 Indonesia, Shin Tae-yong: Tim Mendapat Pelajaran Berharga

Kekalahan Timnas U-19 dari Bulgaria dam Kroasia bukan merupakan cerminan bahwa Shin Tae-yong belum bekerja untuk skuad Garuda. Menurut anggota Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga itu, justru menilai sentuhan Shin Tae-yong sudah terlihat dari segi fisik pemain yang tak kenal lelah sepanjang pertandingan.

“Kekalahan Timnas U-19 dari Bulgaria bukan sebuah petaka. Secara hasil memang kalah, namun dari segi fisik anak-anak Timnas lebih kencang mainnya. Coach Shin Tae-yong juga sudah mengatakan bahwa turnamen di Kroasia kali ini jangan dilihat dari segi hasil,” tandas Yoyok Sukawi saat dihubungi Ayojakarta, Rabu (9/9/20).

Pria yang juga CEO PSIS Semarang tersebut mengajak masyarakat untuk bersabar dan menghargai proses, karena dalam sepak bola tidak ada yang instan.

AYO BACA : Mengenang Alfred Riedl: Dikenal Sosok Humoris, Disiplin Tinggi, dan Tidak Menganakemaskan Pemain

“Kita sebagai masyarakat harus sabar dan yakin bahwa Shin Tae-yong akan bisa membawa prestasi tersendiri bagi Timnas. Namun ya itu tadi, harus dilalui secara berproses. Di olahraga bidang apa pun, butuh proses dan tidak ada yang instan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Yoyok Sukawi juga mengatakan bahwa ia setuju dengan komentar Shin Tae-yong terkait penggawa Timnas harus serius pada saat melakoni pemusatan latihan karena keberangkatan mereka ke Kroasia dengan uang rakyat.

Bahkan, pelatih asal Negeri Gingseng ini tak segan untuk mencoret pemain yang tidak disiplin dalam menjalani pemusatan latihan karena sadar uang yang digunakan untuk berangkat ke Eropa merupakan uang dari rakyat.

Yoyok meminta pemain-pemain muda Timnas untuk mengikuti segala arahan Shin Tae-yong dan tim pelatih selama melakoni pemusatan latihan di Kroasia karena itu merupakan sebuah langkah awal membangun pondasi sepak bola Indonesia.

“Saya setuju dengan perkataan Shin Tae-yong bahwa pemain Timnas bisa berangkat ke Eropa dengan uang rakyat dari pajak. Oleh sebab itu, saya pesan kepada semua anak-anak saya yang berangkat ke Kroasia untuk mau bekerja keras dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya,” bebernya.

“Fokus dulu dan jangan aneh-aneh selama di sana. Masa depan sepak bola Indonesia salah satunya ya ada di tangan mereka-mereka yang berangkat ke Kroasia,” sambungnya.

AYO BACA : Timnas U-19 Dihabisi Bulgaria, Shin Tae-yong: Tidak Masalah Meski Harus Kalah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar