Yamaha

Latihan Tempur Tingkat Kompi, Tank Tabrak Gerobak Pedagang dan Sejumlah Motor Roda Dua

  Kamis, 10 September 2020   Fitria Rahmawati
Tank AMX-13 buatan Prancis menabrak gerobak gorengan tahu saat digunakan latihan tigkat kompi pasukan Batalyon Kavaleri atau YonKav IV Bandung Barat/ instagram

BANDUNG BARAT, AYOJAKARTA.COM - Satu unit tank tempur yang sedang digunakan untuk latihan tingkat kompi menabrak gerobak dagangan warga dan sejumah sepeda motor di Bandung Barat, Kamis (10/9/2020). Peristiwa tersebut berhasil diabadikan kamera amatir warga dan menjadi viral.

Kapendam III Siliwangi Kolonel (Inf) FX Sri Wellyanto mengatakan, tank tempur tersebut milik Batalyon Kavaleri atau YonKav IV. Ia memastikan kerugian materi senilai Rp 15,4 juta sudah diganti pihaknya. Kabar baiknya, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan latihan tersebut.

"Nggak ada korban jiwa, hanya materil saja. Sudah ditandatangani oleh Danyon, sudah langsung koordinasi, musyawarah dan sudah dilakukan ganti rugi," kata Wellyanto saat dikonfirmasi, Kamis (10/9/2020).

Sebelumnya, tank yang menabrak gerobak dan kendaraan motor tersebut merupakan salah satu dari tank yang tengah melakukan iring-iringan latihan tempur tingkat kompi.

Namun, pada saat hendak berbelok, satu tank menukik tajam dan mengalami kecelakaan dan menabrak beberapa kendaraan sepeda motor warga yang tengah menonton Iring-iringan konvoi kendaraan lapis baja tersebut.

Hal ini terlihat dari video yang diunggah akun twitter @WallnerAndi pada Kamis (10/9/2020). Ia mengunggah video berdurasi 19 detik dengan keterangan "Ya Allah karunya (kasihan)".

Dari video tersebut terlihat tank yang terlibat kecelakaan merupakan tank AMX-13 buatan Prancis. Tank ini masuk kategori tank ringan dengan bobot 13 ton.

Video tersebut mendapat banyak reaksi dari pengguna twitter lainnya. Hingga pukul 14.50 WIB, ada 4.096 pengguna twitter yang menyukai video itu.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Shanti membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut terjadi di wilayah hukumnya pada Kamis (10/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Ada empat motor yang yang tertabrak (tank) dan satu gerobak tahu goreng," kata AKP Shanti, saat dihubungi via telpon.

Shanty menuturkan, kronologis kecelakaan berawal saat iring-iringan tank sedang konvoi dari arah Saguling (selatan) menuju Jalan Raya Rajamandala.Sewaktu berbelok ke arah barat tiba-tiba hilang kendali dan menabrak sebuah gerobak penjual tahu goreng dan 4 (empat) sepeda motor.

"Tidak ada korban jiwa saat kejadian," ucapnya.

Penanganan lebih lanjut, pasca kejadian ini ditangani langsung oleh kesatuan Pusdikkav dan Subdenpom.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar