Yamaha

Wagub DKI Tinjau Rumah Pompa di Tiga Lokasi

  Sabtu, 12 September 2020   Khoirur Rozi
Wagub DKI Jakarta tinjau rumah pompa/ ist

PLUIT TIMUR, AYOJAKARTA.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau kesiapan beberapa rumah pompa guna mengoptimalkan pengendalian banjir. Adapun lokasi yang ditinjau Ariza adalah rumah pompa Pluit Timur, Pulo Mas, dan rumah pompa Cideng.

Ariza mengatakan, terjadi peningkatan intensitas hujan yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, pengendalian dan pencegahan terhadap banjir harus pula ditingkatkan. Mulai dari dukungan terhadap anggaran, sarana-prasarana, sumber daya manusia, hingga teknologi yang digunakan.

“Tidak bisa (kerja) seperti biasa saja. Apa yang bisa dikerjakan di musim kemarau ini, dikerjakan. Meskipun pandemi Covid-19, kita tetap fokus menyelesaikan persoalan banjir,” kata Wagub Ariza, Sabtu (12/9/2020).

Berdasarkan data dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, saat ini rumah pompa terdapat di 178 lokasi, dengan 486 unit. Kapasitas pompa tersebut dalam menyedot air pun bervariasi, mulai dari 4.000 hingga 5.000 liter per detik.

Tak hanya itu, terdapat pula Sistem Waduk Pluit yang terdiri dari Rumah Pompa Pasar Ikan (600 ha), Rumah Pompa Duri (155 ha), dan Rumah Pompa Pluit (1328 ha). Ketiga sistem rumah pompa tersebut saling terhubung dan melintasi objek-objek vital yang berpotensi banjir saat musim hujan. Di, antaranya adalah Monas dan Istana Negara.

“Tujuannya apa pompa ini? Yaitu, mengendalikan banjir. Pompa polder ini tujuannya mengendalikan banjir. Petugas kami mulai dari Dinas hingga Sudin SDA, semua di sini sudah profesional menangani banjir. Memang masalahnya debitnya yang meningkat, dan Jakarta pada posisi rendah datarannya,” jelasnya

Dengan adanya peninjauan ini, Wagub Ariza berharap saat musim hujan datang, sistem pompa dapat berfungsi dengan baik dan dapat ditambah jumlahnya untuk mengantisipasi intensitas hujan yang semakin tinggi.

“Mudah-mudahan nanti kita akan tambahkan polder atau pompa. Belum bisa menghilangkan banjir sama sekali, tapi mengurangi,” imbuhnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar