Yamaha

Syekh Ali Jaber Diserang Orang Tak Dikenal, Pelaku Berhasil Diamankan

  Minggu, 13 September 2020   Budi Cahyono
Syekh Ali Jaber ditusuk orang tak dikenal (ist)

LAMPUNG, AYOJAKARTA.COM – Penyerangan terhadap seorang ulama terjadi di Bandar Lampung, Minggu (13/9/2020). Pelaku penyerangan menghunuskan pisau dan menusuk pendakwah Syekh Ali Jaber.

Video penyerangan itu viral di media sosial yang memperlihatkan detik-detik Syekh Ali Jaber ditusuk oleh seseorang di atas panggung dakwah. Tusukan itu mengenai lengan kanannya dan mendapatkan 10 jahitan.

Syekh Ali Jaber saat itu tengah memanggil seorang anak perempuan ke atas panggung,ia pun meminta agar jamaah mengabadikan momen tersebut sehingga bisa menjadi kenang-kenangan acara.

"Ini di Masjid Salahudin, seperti kegiatan biasa. saya memanggil seorang anak usia 9 tahun untuk tes bacaannya, sambil saya bantu dia memperbaiki bacaan, begitu selesai saya minta hapenya ibunya buat foto bersama buat kenang-kenangan," kata Syekh Ali Jaber alam tayangan Kabar Petang TV One seperti dikutip Suara.com, Minggu (13/9/2020).

Tiba-tiba seorang pria berlari ke arah panggung dan menusukkan pisau ke Syekh Ali Jaber.

"Saya tiba-tiba kaget ada orang sudah di hadapan saya, ya saya langsung qadarullah respons. Kalau saya enggak lihat ke kanan, mungkin sudah qadarullah ke leher atau ke dada saya," kisah Syekh Ali Jaber.

AYO BACA : Upaya Penusukan, Wiranto Dikabarkan Cedera dan Dilarikan ke Rumah Sakit

Beruntung, Syekh Ali Jaber dapat menangkis serangan itu meski kemudian pisau yang digunakan oleh pelaku mengenai lengan kanannya dengan cukup dalam.

"Subhanallah saya angkat tangan, aka begitu saya lawan patah pisaunya ke dalam otot saya bagian tangan kanan, baru jemaah langsung tangkap orang itu," jelas dia.

Peristiwa penyerangan terhadap Syekh Ali Jaber itu membuat sang ulama mendapat luka tusukan yang cukup dalam di lengannya.

"Sudah membaik dan sudah dijahit. Cukup dalam hampir kurang lebih 10 jahitan ada 6 di dalam dan 4 di luar," kata Syekh Ali Jaber.

Saat diwawancarai dalam tayangan TV One, Syekh Ali Jaber mengatakan pelaku sangat muda. Menurut dia, pelaku diperkirakan berusia 20 tahun. Perawakan pelaku, kata Syekh Ali Jaber, sangat kurus.

"Anak itu muda banget. Diperkirakan (usianya) 20 tahun. Orangnya kurus banget," tutur Syekh Ali Jaber dalam tayangan Kabar Petang TV One seperti dikutip Suara.com, Minggu (13/9/2020).

AYO BACA : Kasus Penusukan Editor Metro TV, Arief Suditomo Minta Polisi Usut Tuntas

Selain itu, melihat dari perawakan, Syekh Ali Jaber meragukan pelaku bisa melakukan penusukan. Bahkan, Syekh Ali Jaber menduga pelaku melakukan perbuatannya karena ada dorongan atau ada yang menyuruh.

"Saya merasa kalau melihat dari wajahnya ketika saya berhadapan dan diamankan, tampaknya bukan hal mudah untuk melakukan hal seperti ini, seperti ada dorongan atau ada yang menyuruh," tutur Syekh Ali Jaber.

Menurut Syekh Ali Jaber, dengan fisik seperti pelaku, mustahil untuk melakukan penusukan tersebut.

"Karena saya lihat dari segi fisik, dia tidak mungkin. Butuh mental yang kuat untuk melakukan hal seperti ini," kata Syekh Ali Jaber.

Ketika ditanyakan pewawancara terkait hal yang diteriakan pelaku, Syekh Ali Jaber menampik. Menurut Syekh Ali Jaber, saat itu pelaku tidak berbicara apapun dan tiba-tiba menghunuskan pisau.

"Tidak, dia hanya diam. Dia hanya angkat pisau, kebetulan panitia sudah banyak, ada yang lagi live dan rekam karena lagi berlangsung ceramah. Semua terekam," terang Syekh Ali Jaber.

Sebelumnya, pendakwah kondang Syekh Ali Jaber ditusuk orang tak dikenal di Bandar Lampung, Minggu (13/9/2020). Kabarnya penusukan terjadi di Masjid Falahuddin, Tamin, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung.

AYO BACA : Penusukan Babinsa Pekojan, 2 Prajurit TNI AD Jadi Tersangka

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar