Yamaha

PEMBUKAAN PRAKERJA GELOMBANG 9: Total Pendaftar dari Gelombang 1 Capai 23 Juta Orang. Ini Prakiraan Pembukaan Gelombang 9

  Rabu, 16 September 2020   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, membeberkan keseluruhan pendaftar program Kartu Prakerja dari gelombang 1 hingga 8. Dia mengungkap, sudah ada 23.171.233 orang dari 8 gelombang yang mendaftarkan Kartu Prakerja.

Namun, dari jumlah tersebut hanya 18 juta orang yang lolos proses registrasi. Terdapat beberapa faktor mengapa banyak peserta yang gugur di awal proses registrasi.

Denni menjelaskan jika faktor teknis seperti kapasitas email yang penuh atau sudah lama tidak aktif, hingga Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang salah dapat menyebabkan gugurnya peserta dalam registrasi awal Kartu Prakerja.

"Lolos verifikasi 18 juta karena memang sebagian besar salah ketik masuk spam email-nya penuh dan. Jadi pastikan teman-teman pendaftar teliti," ujarnya dalam bincang sore Kartu Prakerja secara virtual, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut, dari 18 juta yang lolos registrasi awal, hanya tersisa 13,4 juta peserta yang dinyatakan lolos validasi NIK. Jumlah tersebut terus berkurang menjadi 12 juta setelah melewati verifikasi layer 3.

Menurut data dari Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, jumlah penerima Kartu Prakerja yang telah ditetapkan melalui surat ketetapan (SK) mencapai 3.880.918 orang. Dari jumlah itu, 2 juta peserta sudah menyelesaikan pelatihan dan 1,2 juta peserta telah menerima insentif.

"Total insentif yang diterima peserta sejauh ini senilai Rp1,6 triliun," jelas Denni.

Saat ini, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sedang menyelesaikan seleksi dari gelombang 8. Lalu, kapan pembukaan gelombang 9 dilakukan?

Berdasarkan pengamatan Ayojakarta pada gelombang-gelombang sebelumnya, pembukaan selanjutnya memakan waktu 3 hari semenjak penutupan gelombang sebelumnya. Ini artinya, jika penutupan gelombang 8 tutup pada Senin 14 September 2020, maka pembukaan gelombang 9 akan dibuka pada Kamis, 17 September 2020.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT TAHAP 3: Cair Deh, Tinggal Himbara Kirim ke Rekening Penerima, Termasuk Bank Swasta dan BCA

Bagi pendaftar yang gagal di gelombang-gelombang sebelumnya, dapat mendaftarkan kembali di gelombang 9. Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

• Menuju ke laman dashboard di profile prakerja masing-masing

• Peserta dapat langsung klik 'gelombang 9' (jika sudah dibuka).

Khusus peserta yang sudah mempunyai akun Kartu Prakerja, tidak perlu mengisi data diri maupun tes kemampuan diri. Hal itu dikarenakan peserta sudah melakukannya di proses pendaftaran awal Kartu Prakerja.

Namun, bagi pendaftar yang baru pertama kali mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja, begini tata caranya:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Inilah 7 Perbedaan PSBB Dulu dan Sekarang

• Cek email masuk dari kartu prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 9’ (jika sudah dibuka)

Nantinya, 800 ribu peserta yang lolos akan mendapatkan insentif dengan total nilai Rp3,55 juta. Adapun rinciannya, Rp1 juta untuk biaya pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600 ribu/orang untuk empat bulan atau totalnya mencapai Rp2,4 juta, sedangkan sisanya sebesar Rp150 ribu merupakan insentif survei.

AYO BACA : PENCAIRAN BLT PEKERJA: Transferan Subsidi Upah Rp1,2 Juta Belum Masuk Rekening? Ini Penyebabnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar