Yamaha

JAKARTA PSBB KETAT: Hari Kedua PSBB, KRL Lebih Lengang

  Rabu, 16 September 2020   Aini Tartinia
Suasana lengang pemberangkatan KRL jalur 1 jurusan Bogor, Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, saat jam sore. (Ayojakarta/Aini Tartinia)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Suasana kereta rel listrik (KRL) atau commuter line jurusan Jakarta—Kota dari Stasiun Universitas Indonesia sekitar pukul 15.00 WIB saat hari kedua pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pengetatan DKI Jakarta, tampak sangat sepi.

Pantauan Ayojakarta, tiap gerbong terlihat sekilas seperti kereta kosong, karena hanya berisikan satu hingga lima penumpang.

Hingga sampai di Stasiun Pasar Minggu, bahkan hanya satu dan dua penumpang yang masuk, Tak sampai semenit, pintu masuk otomatis kereta dalam hitungan beberapa detik tertutup kembali dan kereta melanjutkan perjalanan.

Namun, mendekati Stasiun Tebet, yakni dari Stasiun Kalibata hingga Stasiun Cawang, sejumlah penumpang baru mulai terlihat mengisi gerbong kereta. Tidak banyak, tetapi satu kursi panjang di dalam kereta terisi maksimal oleh empat orang dan hanya beberapa orang yang berdiri dan tidak terlihat padat seperti biasanya.

Sementara itu, pada jam pulang kantor sekitar pukul 19.00 WIB di Stasiun Tebet, tampak di jalur 1 arah Depok, Nambo, dan Bogor lebih lengang dari biasanya. Jumlah par a penumpang yang tengah menunggu kedatangan kereta, masih terlihat berjarak dan tidak padat. Biasanya, sekitar pukul 17.30 WIB sampai dengan 20.00 WIB, jalur 1 Stasiun Tebet penuh antrean penumpang yang menjalar hingga ke luar gate stasiun.

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: 10 Perusahaan Ditutup Sementara Karena Covid-19, 4 di Antaranya Kena Sanksi

Sampai dalam KRL jurusan Bogor, terlihat kapasitas massa di ruang gerbong tidak sesak seperti sebelumnya di masa PSBB Transisi. Para penumpang dalam satu gerbong terlihat normal dan masih menyisakan space atau ruang untuk berjarak dengan satu penumpang dengan yang lainnya.

Pada saat PSBB Trasisi lalu, para penumpang yang berdiri saling berhimpitan dan memadati satu gerbong. Namun, pada hari kedua PSBB pengetatan, gerbong KRL jurusan Bogor yang berangkat dari Stasiun Tebet itu hanya berisikan 50% dengan membatasi setiap gerbongnya hanya dapat diisi 74 penumpang.

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jadwal operasional Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Jabodetabek jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta mulai besok. 

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan bahwa KRL akan beroperasi pada pukul 04:00 – 21:00 WIB. Sementara di masa normal sebelum pandemi, KRL beroperasi pukul 04:00 – 24:00 WIB.

"Jam operasi ini nantinya juga akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan kondisi pengguna di masa PSBB," kata Anne dalam keterangan resminya, Minggu (13/9/2020).

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Tak Ingin Ada Klaster Industri, Pemerintah Kota Jakarta Utara Monitoring dan Evaluasi Kawasan Industri Cakung

Selain itu, aturan tambahan di KRL selama masa PSBB juga tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10:00 hingga 14:00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL.

"Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," ujarnya.

Lebih jauh, PT KCI meyakini penerapan kembali PSBB di wilayah DKI Jakarta dapat diikuti para pengguna KRL dengan lebih baik sejalan fasilitas layanan yang semakin tersedia dan masyarakat yang terbiasa mengikuti protokol kesehatan.

Adapun seluruh stasiun KRL yang berjumlah 80, kini telah dilengkapi wastafel tambahan untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan setelah naik KRL.

"Di stasiun dan KRL juga tersedia marka jaga jarak sebagai pedoman posisi pengguna untuk duduk maupun berdiri," kata Anne.

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: Cegah Klaster Rumah di Permukiman Padat, RW 004 Pademangan Timur Disemprot Disinfektan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar