Yamaha

Gagal Nafas Jadi Penyebab Meninggalnya Sekda DKI Saefullah

  Rabu, 16 September 2020   Fitria Rahmawati
Sekda DKI Jakarta, Saefullah/ Suara.com

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Kabar duka datang dari Sekda DKI Jakarta, Saefullah, yang meninggal dunia karena Covid-19. Saefullah meninggal karena shock sepsis irreversible dengan ARDS atau gagal nafas bagi pasien terkonfirmasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menjelaskan, shock sepsis irreversible dengan ARDS merupakan kerusakan pada jaringan paru akibat infeksi Covid-19. Sehingga hal itu menyebabkan gagal napas yang tidak dapat diperbaiki.

"Hal ini karena tidak bisa terjadi pertukaran oksigen yang memadai. Mari kita semua doakan agar Bapak Saefullah dilapangkan di sisi-Nya," terang Widyastuti, Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya, Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan, sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9/2020) dini hari. Rencananya jenazah Saefullah akan dimakamkan dengan protokol Covid-19 di tanah pemakaman keluarga di Rorotan, Jakarta Utara.

AYO BACA : Meninggal Karena Covid-19, Belum Ada Kepastian Tempat Pemakaman Sekda DKI Jakarta Saefullah

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada 2008 - 2014.

Pesan Keluarga, tak perlu mengirim karangan bunga. Uang yang ada disedekahkan dengan niat ke Sekda DKI.

Selain akan dimakamkan dengan protokol kesehatan, pihak keluarga menitipkan pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pesan dari istri almarhum, Rusmiati Saefullah, adalah agar tidak perlu mengirim karangan bunga ke rumah duka.

"Pihak keluarga berpesan lebih baik agar uang yang sedianya digunakan untuk karangan bunga disedekahkan dan diniatkan atas nama alamarhum Pak Sekda," pesan sang istri.

AYO BACA : Belasungkawa Para Tokoh untuk Sekda DKI Saefullah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar