Yamaha

KJP PLUS & KJMU TAHAP 2 TAHUN 2020: Dibuka Pekan Ini, Simak Persyaratan Ini agar Lolos Seleksi

  Kamis, 17 September 2020   Eries Adlin
Ilustrasi

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemprov DKI Jakarta menjadwalkan pendaftaran pendataan penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dibuka pada pekan ini. Kalian sudah paham tentang apa itu KJMU dan apa persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut?

Kepada Ayojakarta, Ketua Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) DKI, Yanto, jika tak ada halangan pendaftaran KJP Plus dan KJMU akan diumumkan pada minggu ini.

“Insya Allah dalam minggu ini akan kami sosialisasikan (Pendaftaran KJP Plus dan KJMU),” kata Yanto, Selasa 15 September 2020.

Dengan Hormat,

Sehubungan adanya mekanisme baru pada pendataan Calon Penerima KJP Plus dan KJMU Tahap 2 Tahun 2020, dengan ini disampaikan bahwa sampai saat ini pendaftaran belum dimulai. Pengumuman resmi tentang waktu dan mekanisme pendaftaran akan dimuat pada website ini.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.”

Meski belum ada keterangan resmi dari Pemprov DKI terkait dengan pendaftaran KJP Plus dan KJMU, mungkin kalian bisa mempelajari ketentuan dalam penyaluran program tahap 1 tahun 2020.

Persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta KJMU pada periode sebelumnya adalah:

1. Mendaftar di PTN dan dinyatakan lulus seleksi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPTN), dan Seleksi Mandiri PTN.

2.Pendataan KJMU

3. Peserta Didik dan Alumni yang akan melanjutkan ke PTN mengajukan permohonan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan kepada Gubernur Melalui SMA/SMK/MA/sederajat Sekolah Asal.

Permohonan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilengkapi dokumen sebagai berikut:

  • a. Surat permohonan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan.
  • b. Surat pernyataan bermeterai Rp 6.000.
  • c. Surat Pernyataan Ketaatan Penggunaan Bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan.
  • d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • e. Fotokopi Kartu Keluarga.
  • f. Surat Keterangan Tidak Mampu.
  • g. Bukti pendaftaran atau nomor ujian pada seleksi masuk PTN.

Dalam hal Peserta Didik dan Alumni adalah pemilik KJP pada jenjang pendidikan sebelumnya, juga melengkapi dokumen tambahan sebagai berikut:

  • Fotokopi KJP; dan
  • Fotokopi Buku Tabungan KJP 

Tentang KJMU

KJMU adalah program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan bagi calon/mahasiswa PTN dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Pemberian bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa PTN adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di PTN bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.
  • Memberi bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program diploma/sarjana sampai selesai dan tepat waktu.
  • Menigkatkan mutu pendidikan masyarakat, dan      
  • Menumbuhkan motivasi bagi peserta didik untuk meningkatkan prestasi dan kompetitif.

Sasaran:

Peserta didik dan Alumni yang tidak mampu secara ekonomi dan lulus seleksi PTN; dan Mahasiswa PTN yang tidak mampu secara ekonomi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar