Yamaha

KJMU TAHAP 2 TAHUN 2020: Ini Mekanisme Baru Pendataannya

  Sabtu, 19 September 2020   Khoirur Rozi
Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap 2 2020 (dok)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Ada mekanisme baru untuk pendataan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) Tahap 2 2020. Mekanisme ini telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, pada mekanisme baru ini membuat pendataan menjadi lebih sederhana. Hal itu dikarenakan Disdik memakai data utama berdasarkan DTKS nasional dan daerah untuk memilih siswa yang berhak menerima bantuan.

"Tidak banyak perubahan untuk pendataan KJMU. langkah dalam mekanismenya menjadi lebih sederhana," kata Nahdiana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/9/20209.

Nahdiana menjelaskan, pada tahap pendataan calon penerima KJMU harus tetap mendaftar. Namun, melalui mekanisme baru ini, kunjungan pihak sekolah untuk survei ditiadakan.

AYO BACA : KJP PLUS DAN KJMU TAHAP 2 TAHUN 2020: Pendaftaran Dibuka Pekan Ini, Simak Persyaratan Penerima di Sini

"Calon penerima yang mendaftar akan dicek ke Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta dan data penerima KJMU Tahap I Tahun 2020," jelasnya.

Adapun persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan bantuan KJMU di antaranya adalah mendaftar di perguruan tinggi. Jalur pendaftaran bisa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPTN), atau Seleksi Mandiri PTN.

Kedua, calon penerima KJMU harus melalui proses pendataan. Ketiga, peserta didik dan alumni yang akan melanjutkan ke PTN mengajukan permohonan kepada Gubernur melalui sekolah asal.

Keempat, mengisi dokumen permohonan bantuan biaya mutu pendidikan. Kelima, membuat surat pernyataan bermaterai Rp6.000.  Keenam, calon penerima diharuskan membuat surat pernyataan ketaatan penggunaan bantuan biaya peningkatan mutu pendidikan.

AYO BACA : Kapan Pencairan KJP Plus Tahap 2 September 2020? Biasanya Sih Akhir Bulan, Simak Cara Daftar Biar Lolos Seleksi

Syarat berikutnya adalah menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), dan bukti pendaftaran atau nomor ujian seleksi masuk PTN.

Informasi selangkapnya bisa diakses melalui situs resmi Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta (kjp.jakarta.go.id). Dokumen persyaratan pendaftaran KJMU dapat diunduh melalui situs tersebut.

Berikut adalah tahapan dalam mekanisme baru untuk pendataan KJMU Tahap 2 2020:

• Calon Penerima mendaftar ke sekolah (18 - 30 September 2020);

• Dinas Pendidikan mengumumkan data calon penerima yang telah dipadankan dengan Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta melalui sekolah (8 - 15 Oktober 2020);

• Verifikasi kelengkapan berkas calon penerima (16 - 19 Oktober 2020);

• Data final penerima ditetapkan (20 - 22 Oktober 2020).

AYO BACA : Pendataan KJMU Tahap 2 Tahun 2020 Mulai 18 September - 19 Oktober, Bantuan Hingga Rp9 Juta per Semester?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar