Yamaha

Camat Kepala Gading Wafat Karena ARDS dan Hiperkoagulopati Akibat Covid-19

  Sabtu, 19 September 2020   Khoirur Rozi
M Harmawan , Camat Kelapa Gading Jakarta. [dokumentasi]

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan penyebab meninggalnya Camat Kelapa Gading, Muhamad Harmawan. Selain karena Covid-19, Harmawan wafat karena gangguan pernapasan.

Widyastuti menjelaskan, Harmawan diketahui mengalami gangguan pernapasan berat atau ARDS dan hiperkoagulopati. Keduanya diakibatkan infeksi Covid-19 pada organ paru.

AYO BACA : Camat Kelapa Gading Positif Covid-19, Dimakamkan di TPU Pondok Ranggon

"ARDS sendiri adalah suatu kondisi gangguan pernapasan yang tiba-tiba yang menghambat proses pertukaran oksigen. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena infeksi virus atau bakteri, sehingga terjadi kerusakan di saluran nafas dan mengganggu fungsi paru-paru," jelasnya, Sabtu (19/9/2020).

Sedangkan, hiperkoagulopati adalah sumbatan di pembuluh darah yang menggangu proses pertukaran oksigen. 

AYO BACA : SEKDA DKI SAEFULLAH MENINGGAL: Beliau Pribadi yang Saleh Kata Gubernur Anies

"Infeksi virus penyebab COVID-19 juga merusak berbagai organ, salah satunya pembuluh darah. Kerusakannya membuat sumbatan di pembuluh darah (hiperkoagulopati)," kata Widyastuti.

Widyastuti menambahkan, sebelum dirawat di RS, Harmawan sempat berobat ke dokter dengan keluhan gejala demam disertai batuk.

Dalam contact tracing yang dilakukan pihak Puskesmas, hasil pemeriksaan swab terhadap sopir almarhum menunjukkan positif COVID-19.

Untuk diketahui, Harmawan wafat di usia ke-47 tahun, meninggalkan seorang istri dan 2 anak laki-laki. Harmawan menjabat sebagai Camat Kelapa Gading sejak 2019.

Sebelumnya, almarhum pernah menjadi staf Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Kasubag Verifikasi Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2005-2008, Kasubag Anggaran Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2008 - 2014, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum dan Protokol Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2015-2016, dan Kabag Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2017 - 2019.

AYO BACA : BERITA DUKA: Camat Kelapa Gading M Harmawan Tutup Usia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar