Yamaha

Sampai Gelombang 9, Pendaftar Kartu Prakerja Ada 26 Juta, Masih Gak Lolos Saat Daftar? Perhatikan NIK Kalian

  Minggu, 20 September 2020   Eries Adlin
Sampai dengan gelombang 9, pendaftar program Kartu Prakerja mencapai 26 juta orang, yang lolos seleksi 4,68 juta peserta (ilustrasi)/prakerja.go.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Sampai dengan gelombang 9, pendaftar program Kartu Prakerja mencapai 26 juta orang, yang lolos seleksi 4,68 juta peserta. Kalian masuk bagian yang belum lolos? Mungkin beberapa hal-hal detail ini harus menjadi perhatian.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan 26 juta pendaftar sampai dengan 17 September saat gelombang 9 dibuka itu berasal dari 514 kabupaten dan kota. Setelah melalui seleksi, 4,68 juta orang dinyatakan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Dari jumlah 4,68 juta penerima Kartu Prakerja, 2,39 juta peserta sudah menyelesaikan pelatihan dan 1,45 juta peserta telah menerima insentif.

Kalian termasuk bagian yang belum lolos registrasi saat daftar untuk mendapatkan bantuan Kartu Prakerja? Masih ada kesempatan mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9  yang sudah dibuka sejak Kamis 17 September 2020.

Satu hal yang penting kalian perhatian adalah nomor induk kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga kalian. Akun Instagram resmi program Kartu Prakerja, @prakerjagoid, mem-posting informasi tentang informasi pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 9. Dalam postingan sebelumnya, akun Instagram @prakerja menyajikan kemungkinan penyebab kenapa kalian gagal saat daftar antara lain berurusan dengan NIK dan nomor KK calon pendaftar.

Berikut ini keterangan dari akun Instagram resmi program Kartu Prakerja, @prakerjagoid:

Gelombang 9 Kartu Prakerja telah dibuka!

Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik ‘Gabung’ ke Gelombang 9 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Cara daftar:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq

Yuk, buat akun Kartu Prakerja, gabung ke Gelombang, dan jadilah yang #SiapDariSekarang!

Berikut ini narasi yang disampaikan @prakerjagoid dari postingan di atas:

“Sobat Prakerja, bila pendaftaran Prakerjamu gagal terus, mohon pastikan bahwa Sobat sudah memasukkan nomor NIK dan KK yang benar.

Bila masih belum bisa mendaftar, Sobat bisa bertanya seputar nomor NIK dan KK yang Sobat gunakan dengan menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538 atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kotamu. #SiapDariSekarang.”

Sejauh ini, Kartu Prakerja sudah menerima sebanyak 4,6 juta peserta dari gelombang 1 hingga 8. Kuota tersebut hanya tinggal tersisa 1 juta orang dari total kuota sebesar 5,6 juta orang yang disediakan pemerintah untuk penerima Kartu Prakerja.

Berdasarkan hitungan Ayojakarta, dari gelombang 1 hingga 8, sudah ada total 4,676,811 orang yang menjadi penerima subsidi pemerintah lewat Kartu Prakerja. Adapun rinciannya sebagai berikut:

• gelombang 1 sebanyak 164 ribu penerima

• gelombang 2 sebanyak 288.154 penerima

• gelombang 3 sebanyak 224.657 penerima

• gelombang 4 sebanyak 800 ribu penerima

• gelombang 5 sebanyak 800 ribu penerima

• gelombang 6 sebanyak 800 ribu penerima

• gelombang 7 sebanyak 800 ribu penerima

• gelombang 8 sebanyak 800 ribu penerima.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar