Yamaha

Jelang Musim Hujan, Waduk di Jakarta Dikeruk Serentak

  Senin, 21 September 2020   Aini Tartinia
Ilustrasi pengerukan waduk Ria Rio dengan menggukan alat berat/dok: timur.jakarta.go.id

PULOGADUNG, AYOJAKARTA.COM – Dinas sumber daya air (SDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pengerukan lumpur di Waduk Ria Rio, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Kegiatan ini dilakukan serentak untuk mengurangi proses pendangkalan di seluruh waduk, danau, dan sungai-sungai di wilayah Jakarta.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan, tugas dan tanggung jawab Dinas SDA beserta jajaran di lima wilayah merupakan ikhtiar untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Lebih lanjut, kata dia, pengerukan pun sudah dilakukan sejak Maret 2020 dan April 2020.

AYO BACA : PENGUMUMAN PRAKERJA GELOMBANG 9: Resmi Ditutup Hari Ini, Jumlah Pendaftar Capai 5,8 Juta.

“Ini kita lakukan demi mencegah ataupun mengurangi adanya genangan di musim hujan. Meskipun di tengah kondisi Covid-19 namun pengerjaan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan," kata Juani dilansir timur.jakarta.go.id, Senin (21/9/2020).

Dijelaskan Juaini bahwa Grebeg Lumpur ini juga bagian evaluasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan  berkaca dari banjir yang terjadi di Ibu Kota pada Januari dan Februari lalu yang diakibatkan saluran yang tidak berfungsi optimal.

AYO BACA : Kemenag Batasi Akses Pegawai Masuk Kantor, Sebagian Besar Work From Home

“Kita ingat, pada banjir di Januari lalu kan saluran kita banyak yang tidak maksimal. Untuk itu, hari ini kita giatkan lagi. Pengerukan ini semua target sampai Desember,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melihat adanya kemajuan dalam proses penanganan banjir di Waduk Ria Rio. Ia mengatakan, telah melihat kemajuan terkait pengerukan waduk.

“Pengerukannya baru setengah meter turun dari elevasi dasar sungainya. Rencana kita 3 - 5 meter,dan tentunya masih perlu kerja keras. Jangan sampai bila datang musim hujan terjadi banjir dan mengenai warga yang berada disekitar di Pulo Mas ini," kata Anwar, Jumat (18/9/2020).

Dari perkembangan pengerukan Waduk Ria Rio ini, Wali Kota berharap prosesnya dapat selesai sebelum musim hujan tiba. "Saya akan koordinasikan dengan dinas terkait, Sumber Daya Air, agar dipercepat penyelesaiannya, sebelum datang musim penghujan," ujarnya.

AYO BACA : Kasus Covid-19 dari Klaster Epson Bekasi Jadi 369 Orang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar