Yamaha

Walkot Klaim Jaktim Relatif Aman dari Banjir, Ini Update Status Siaga Permukaan Air di DKI

  Selasa, 22 September 2020   Aini Tartinia
Pengerukam di Waduk Ria Rio Jaktim dilakukan untuk menambah daya tampung air sebagai antisipasi banjir musiman/ Suara.com

CAKUNG, AYOJAKARTA.COM - Hujan lebat mengguyur daerah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin malam. Akibatnya, Bendungan Katulampa sempat naik status menjadi siaga 1. Meski begitu, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar mengaku wilayahnya masih relatif aman dari banjir dan genangan.

"Banjir dan genangan wilayah Jakarta Timur hanya berada di kawasan langganan banjir, karena berada di lokasi lebih rendah dari Kali Ciliwung," kata Anwar, dilansir timur.jakarta.go.id, Selasa (22/9/2020).

AYO BACA : Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Sebut Trotoar Buatan Anies Jadi Penyebab Banjir

Anwar menjelaskan, hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sudah melakukan sejumlah upaya antisipasi genangan dan banjir ketika Ibukota mulai memasuki musim hujan. Upaya tersebut ialah pengurasan waduk, normalisasi saluran, pembuatan sodetan dan memperbanyak sumur resapan.

Di antara upaya itu, lanjut Anwar, ada yang merupakan tindaklanjut beberapa laporan atau aduan warga dari media sosial. Misalnya, terkait genangan di Jalan Jambore, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas. Pihaknya pun langsung terjun langsung meninjau lokasi tersebut pada pagi hari ini, lalu segera ditangani.

AYO BACA : Kabupaten Bekasi Siapkan Hotel untuk Isolasi Pasien Tanpa Gejala

"Kita langsung lakukan pengerjaan pembuatan sumur resapan sedalam 20 meter dibor," ujarnya.

Selain itu, juga dilakukan pengurasan dan normalisasi saluran oleh petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur agar bisa berfungsi kembali. Ia pun menargetkan, pengerjaan tersebut dapat dilakukan selama dua hari ini.

"Semoga tidak ada lagi genangan yang berada di Jalan Jambore," ucapnya.

Diketahui, Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, hingga pukul 18.00 WIB update tinggi permukaan air di sejumlah lokasi pemantauan sudah turun status menjadi siaga 4 atau normal.

Dilansir dari akun Twitter resmi @BPBDJakarta, rincian lokasi pemantauan yang sudah siaga 4 terdiri dari Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Pulo Gadung.

AYO BACA : Kota Bogor Tambah 17 Kasus Baru Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar