Yamaha

Lama Terbengkalai, Sodetan Kali Sunter ke Waduk TIU Dinormalisasi demi Cegah Banjir

  Rabu, 23 September 2020   Aini Tartinia
Pemerintah Kota Jakarta Timur lakukan antisipasi penanganan genangan dan banjir dalam masa musim hujan di wilayah Jakarta Timur/dok: timur.jakarta.go.id

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur berencana menormalisasi sodetan Kali Sunter menuju Waduk TIU di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi genangan dan banjir yang kerap melanda wilayah Jakarta Timur saat musim penghujan tiba.

Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, mengatakan pihaknya akan bekerja keras memperbaiki sodetan lama yang sudah terbengkalai di sekitar Kali Sunter.

“Ternyata ada sodetan lama tidak berfungsi, karena itu kita akan fungsikan kembali, dengan harapan saat ini kali Sunter tinggi air bisa langsung masuk ke waduk TIU,” kata Anwar dilansir timur.jakarta.go.id, Selasa (22/9/2020).

Dia melanjutkan, melalui normalisasi tersebut diharapkan dapat mencegah banjir di wilayah Cipinang Melayu dan Pondok Bambu saat air Kali Sunter meluap. Tak hanya itu, lanjut Anwar, dengan banyaknya sodetan yang berfungsi titik yang menjadi wilayah rawan banjir dapat berkurang.

“Dengan adanya normalisasi waduk dan sodetan kita optimis kedepan wilayah Jakarta Timur akan terbebas dari banjir, untuk saat ini setidaknya dapat mengurangi," ujar Anwar.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Jakarta Timur, Santo, menuturkan sodetan lama yang akan kembali difungsikan merupakan saluran dari irigasi sawah. Oleh karena itu, dengan pengembalian fungsi sodetan seperti semula maka dapat melancarkan aliran Kali Sunter ke Waduk TIU.

“Sodetan tersebut panjangnya sekitar 100 meter dengan lebar 2 meter, dengan pengerjaan dikerjakan selesai seminggu dari hari ini, karena dilakukan secara manual dan alat berat tidak bisa masuk karena keterbatasan lahan," ujarnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar