Yamaha

Dinsos DKI Perbarui Data Penerima Bantuan Sosial

  Jumat, 25 September 2020   Khoirur Rozi
sebagai ilustrasi pendistribusian bansos/ instagram: dinsos_dki

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Dinas Sosial DKI Jakarta tengah memperbarui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk menentukan kriteria layak tidaknya penerima bantuan. Pembaruan data ini melalui variabel khas daerah berupa list negatif atau kriteria warga tidak layak daftar.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah menjelaskan, pembaruan data ini sebagai langkah awal untuk optimalisasi DTKS. Dengan data baru, maka penerima bantuan sosial menjadi tepat sasaran.

“Dalam proses pengelolaan, diawali dengan pendataan fakir miskin dan orang tidak mampu di Provinsi DKI Jakarta. Skrining awal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan nantinya dapat tepat sasaran serta memberi peluang warga lain yang lebih berhak untuk masuk ke dalam data penerima bantuan," kata Irmansyah, Jumat (25/9/2020).

AYO BACA : Syarat Bansos Sankem Kota Depok Bertambah, Kini Dikirim Lewat Rekening

Adapun isi list negatif tersebut, di antaranya terdapat anggota rumah tangga yang menjadi pegawai tetap BUMN, PNS, TNI, Polri,Anggota DPR/DPRD, rumah tangga memiliki mobil, rumah tangga memiliki tanah/lahan dan bangunan (dengan NJOP diatas 1 Milyar Rupiah), sumber air utama yang digunakan rumah tangga untuk minum adalah air kemasan bermerk (tidak termasuk air isi ulang), dan dinilai tidak miskin oleh masyarakat setempat.

"Dalam penyusunan list negatif tersebut, Dinsos Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah instansi maupun lembaga terkait," ujar Irmansyah.

Sebagai informasi, DTKS merupakan acuan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan program bantuan sosial seperti Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus), Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), dan program Pangan Murah.

Selain itu DTKS juga digunakan untuk data dasar pemberian bantuan berbasis APBN seperti e-waroeng, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

AYO BACA : Berikut Tanggal Penyaluran Bansos Tahap 7, Cek!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar