Yamaha

Pematangan Lahan Makam Khusus Covid-19 di TPU Rorotan Dikebut 100 Hari

  Rabu, 30 September 2020   Aini Tartinia
Proses pengerjaan perluasan pemakaman khusus jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara/dok: utara.jakarta.go.id

CILINCING, AYOJAKARTA.COM - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Jakarta Utara tengah mempersiapkan dan membangun pemakaman jenazah khusus Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Pembuatan pemakaman seluas 2 hektare ini ditargetkan akan selesai 100 hari mendatang.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Utara, Putut Widya Martata, mengatakan pembuatan pemakaman ini dilakukan untuk menambahkan daya tampung jenazah khusus Covid-19.

“Daya tampung makam khusus Covid-19 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin penuh. Untuk itu kami mencoba membuat lokasi baru untuk mengantisipasi kekurangan tersebut," kata Putut dilansir utara.jakarta.go.id, Senin (28/9/2020).

AYO BACA : Kasus Aktif di DKI Naik Setelah Ada Penambahan 1.238 Kasus Positif (Update 29 September 2020)

Putut menyebutkan, saat ini petugas sedang melakukan pengurukan lahan pemakaman untuk memberi lokasi tambahan khusus bagi jenazah Covid-19.

“Luas total lahan 26 hektare. Kami sedang melakukan pengurukan seluas dua hektar dan ini merupakan makam tahap pertama, diperkirakan dapat menampung 5.000 petak makam," katanya.

Putut menambahkan bahwa pengurukan ini sekaligus untuk meratakan lahan dengan ketentuan tinggi.

AYO BACA : Pematangan Lahan TPU Rorotan untuk Jenazah Covid-19

"Menurut perkiraan kami, proses pengerukan sekaligus meratakan lahan dengan tinggi 1,5 meter sampai dengan 2 meter ini akan memakan waktu sekitar 100 hari," ujarnya.

Diketahui, kasus  kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta masih terus bertambah, seiring dengan meningkatnya kasus harian setiap harinya.

Sejak kasus Corona pertama kali diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu yang menimpa dua warga Depok, Jawa Barat, ribuan orang sudah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Jumlah jenazah yang dimakamkan tak hanya pasien Covid-19 yang dinyatakan positif, tetapi juga berkategori suspek dan probable.

Dilansir akun Facebook resmi Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Dinkes Pemprov) DKI Jakarta, tercatat data per Jumat 25 September 2020 total 6.248 jenazah dimakamkan dengan protap Covid-19.

Lokasi pemakaman untuk jenazah Covid-19 tersebut tersebar mulai dari di TPU Pondok Ranggon, TPU Tegal Alur yang disiapkan Pemprov DKI, TPU lainnya, tanah wakaf, TPU luar DKI Jakarta, hingga kremasi.

AYO BACA : Akhir September 2020, Pengerjaan Revitalisasi TIM di Cikini Capai 37%

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar