Yamaha

Wagub DKI Tanggapi Usulan Fraksi DPRD DKI Terkait Raperda Covid-19

  Rabu, 30 September 2020   Khoirur Rozi
Wakil Gubernud DKI Jakarta Riza Patria/ Instagram

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyampaikan Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tanggapan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Rabu (30/9/2020).

Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi, pertanyaan, saran dan catatan penting yang disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, terhadap materi Raperda yang disampaikan. Hal ini karena banyaknya masukan dan saran yang bersifat teknis dan bisa dibahas pada rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) bersama Eksekutif.

AYO BACA : Terjadi Penambahan 1.159 Kasus Positif Covid-19 di Jakarta, dan Penurunan Kasus Aktif Sebanyak 310 (Update 30 September 2020)

Beberapa saran yang ditanggapi misalnya agar cakupan Raperda fokus kepada penegakan protokol Covid-19 di ruang publik.

"Dapat saya jelaskan bahwa Raperda tersebut sudah disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi Covid-19 secara komperhensif," jelas Ariza.

AYO BACA : 738 Pekerja di Sektor Hulu Migas Positif Covid-19

Kemudian Ariza menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas saran keterlibatan DPRD dalam memantau pelaksanaan prosedur tetap protokol kesehatan di seluruh wilayah Ibu Kota. Ariza pun menuturkan, pihaknya menerima masukan terkait pembuatan laboratorium Bio-Safety level 3 dan 2 yang terkoneksi mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Sehingga hasilnya dapat digunakan untuk optimalisasi surveilans (testing, tracing, dan treatment) untuk memutus rantai penularan Covid-19 yang berbasis online dengan menggunakan aplikasi yang sudah dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta seperti JAKI," jelasnya.

Kemudian, terkait pelaksanaan surveilans sendiri telah menjadi perhatian Pemprov DKI sejauh ini dan telah diakomodir sebagai bentuk perlindungan kesehatan. Hal ini selaras dengan upaya Pemprov DKI dalam menyediakan sarana tempat isolasi terkendali dan pemberian pelayanan kesehatan bagi pasien yang terkena Covid- 19.

AYO BACA : Enam Poin Usulan PSI Soal Raperda Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar