Yamaha

Mulai Jadi Primadona, Janda Bolong Diburu Pecinta Tanaman di Tasikmalaya

  Kamis, 01 Oktober 2020   Budi Cahyono
tanaman hias janda bolong yang tengah naik daun. (Ayotasik/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOJAKARTA.COM  – Tanaman, menjadi buruan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu tanaman yang menjadi perbincangan dan diburu oleh pecinta tanaman yakni tanaman janda bolong.

Salah satu penjual tanaman hias, Dedi Humaedi (35) warga Margamulya, Desa Cikunir, Kecamatan Singaparna menuturkan, tanaman hias sering dianggap sebagai teman bagi mereka yang menghabiskan waktu dirumah.

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, kata Dedi, ada beberapa jenis tanaman yang menjadi buruan para pecinta tanaman, diantaranya jenis Aglonema, Monstrea dan Calatea. Salah satu jenis montrea yang diburu yakni tanaman yang disebut kebanyakan orang janda bolong.

Namun Dedi menyebut, tidak semua tanaman janda bolong harganya mencapai puluhan bahkan ratusan juta seperti yang ramai di perbincangkan di jagad maya. Hanya janda bolong jenis varigata saja yang harganya puluhan bahkan ratusan juta.

“Kalau janda bolong yang mahal itu dari jenis varigata, ada corak putih di daunnya. Kalau yang tidak ada coraknya tetap saja murah. Saya menjual yang biasa itu 35 ribu saja, “ ucap Dedi kepada Ayotasik.com, Kamis (1/10/2020).

Karena viral di media sosial saat ini, kata Dedi, janda bolong jenis monstrea adansoni atau yang tidak ada corak putihnya sulit dipasaran. Ia yang beberapa kali melakukan penyetekan justru laku terjual karena diburu masyarakat.

“Karena viral, barangnya jadi susah. Banyak juga kesini nanyain ada janda bolong ga, ya saya sebutin aja barangnya lagi susah, “ ucap Dedi.

Disinggung soal harga tanaman hias saat pandemic Covid-19, Dedi mengaku memang ada kenaikan harga. Jenis tanaman aglonema misalnya, dari awalnya seharga Rp35 ribu kini mencapai Rp 350 ribu per tanaman.

“Ada kenaikan, bahkan ada yang 200 persen seperti tanaman jenis aglonema, “ ucap Dedi. (Irpan Wahab)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar